Honda

Unik, Sayur dan Buah-Buahan Sumbangan Dari Dinas TPH dan Peternakan Kabupaten Lahat Bagi Korban Banjir

Unik, Sayur dan Buah-Buahan Sumbangan Dari Dinas TPH dan Peternakan Kabupaten Lahat Bagi Korban Banjir

SUMBANG SAYUR SAN BUAHAN : Kepala Dinas TPH dan Peternakan Lahat, Eti Listina SP MM didampingi Kabid Tanaman Pangan, Ahmad Firdaus SP MM memberikan sumbangan barulah sayuran dan buah-buahan kepada korban banjir-TPH DAN PETERNAKAN FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Biasanya kalau tertimpa musibah bencana alam, korban akan diberikan bantuan berupa mie instan, air mineral, dan baju layak pakai.

Tapi tidak bagi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan Kabupaten Lahat. Yang mana mereka menyumbangkan berupa sayuran maupun buah-buahan.

"Betul, yang kita berikan bantuan kepada korban banjir baik di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang dan Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai yakni sayuran maupun buahan," sebut Kepala Dinas TPH dan Peternakan Lahat, Eti Listina SP MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Ahmad Firdaus SP MM.

Eti Listina menerangkan, sayuran yang disumbangkan diantaranya, cabe merah, tomat, ketimun, labu Siam, terong panjang, kubis, wortel, sawi, daun bawang, dan buncis. Sedangkan untuk buah-buahan berupa pisang.

BACA JUGA:Punya 10 Keping Uang Koin Jenis Ini Bisa Bawa Pulang 1 Unit Honda PCX160

"Kesemuanya itu, kita beli dari petani yang bercocok tanam dalam menjalankan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)," sebutnya.

Dirinya berharap, kedepannya hasil produk yang ditanam oleh petani lokal, dapat dipasarkan langsung ke masyarakat maupun dijual ke luar Kabupaten Lahat.

"Sehingga produksi yang dipanen mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas petani pekebun, dengan komoditi unggulan pertanian," beber Eti Listina.

Ditambahkan Ahmad Firdaus, tujuannya ada dua yaitu untuk pemberdayaan dengan membeli produk sayuran dan buahan ke petani langsung. Kemudian disalurkan ke masyarakat atau kelompok.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Sempit di Provinsi Lampung, Nomor 1 Calon Kota Metropolitan

"Misal panti asuhan, rumah sakit, dan saat ini kebetulan lagi ada bencana banjir, maka di salurkan ke masyarakat terkena dampak banjir bandang," ulasnya.

Dirinya menyampaikan, bantuan dari Bupati Lahat tersebut melalui Dinas TPH dan Peternakan langsung ke posko bencana banjir, di Desa Lubuk Sepang serta Keban Agung. 

"Totalnyo bantuan sayuran serta buah-buahan, yang digelontorkan untuk dua desa tersebut mencapai 500 kilogram (Kg)," tegas Ahmad Firdaus.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, Tamadin menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa sayuran dan buahan, yang kebetulan dibutuhkan masyarakat desa agar lebih bertenaga selepas trauma atas bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: