Honda

Panen Perdana Sayur Mayur, Bukti PKK Lubuk Lungkang Sukseskan Program GSMP

Panen Perdana Sayur Mayur, Bukti PKK Lubuk Lungkang Sukseskan Program GSMP

TP PKK Lubuk Lungkang menunjukan lahan untuk bercocok tanam mendukung Program GSMP-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) berkerjasama dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Lubuk Lungkang, Kecamatan Kikim Selatan melakukan panen perdana sayur mayur di lahan kebun dengan memanfaatkan perkarangan kantor desa.

"Alhamdulillah, ini merupakan panen perdana, walaupun kebunnya tidak luas hanya saja, dengan begitu, ikut menyukseskan Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Lungkang, Dina Juliyanti, Senin 3 April 2023.

Dina Juliyanti menerangkan, jenis sayuran yang ditanam antara lain, kangkung, cabe, bayam, selain itu, terdapat tanaman obat (Toga) yakni, temulawak, jahe, kunyit, lengkuas dan serai serta kumis kucing.

"Media tanamnya pun dilakukan di dalam polybag maupun langsung ke tanah, dan pada akhirnya sayuran tersebut bisa kita santap dan dimasak," sebutnya.

BACA JUGA:Wawako Berikan Apresiasi, Ini Peran KAMMI Lubuk Linggau

Dirinya menambahkan, pastinya sayuran ini juga dapat mendatangkan pemasukan bagi pendapatan tambahan keluarga.

"TP PKK Lubuk Lungkang bisa memanfaatkannya untuk dijual maupun di konsumsi, sehingga menambah kas pemasukan bersama," ulas Dina Juliyanti.

Dina Juliyanti berharap, program GSMP yang diprakarsai oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru SH MM ini berjalan sebagaimana mestinya, dan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas masyarakat.

"Terpenting, masyarakat juga bisa mengikuti dengan mempergunakan perkarangan rumah, walaupun lahan kecil tapi bisa meringankan beban sehari-hari," tegasnya.

BACA JUGA:Catat! Pemutihan PKB dan BBN-KB di Kabupaten Lahat Mulai 1 April 2023

Senada, Ketua TP PKK Desa Lubuk Lungkang, Yarti menerangkan, pihaknya memang telah membudidayakan berbagai macam sayuran termasuk toga, yang ditanam di halaman kantor desa.

"Pihaknya kedepan akan terus mengembangkan potensi yang lain, selain sayuran yang sudah ada, akan ditanam juga lain dan obat-obatan alami dari tumbuhan," sebutnya.

Dengan bekerjasama, sambung dia, Pemdes Lubuk Lungkang, pastinya akan mempermudah proses untuk melengkapi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Sehingga nantinya dapat menjadi solusi terbaik bagi penduduk desa, dan mampu menciptakan peluang usaha kedepannya," tukas Yarti. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: