Honda

Jadi Prioritas P3KE, Pemkab Empat Lawang Padankan Data By Name By Address

Jadi Prioritas P3KE, Pemkab Empat Lawang Padankan Data By Name By Address

: Rapat pembahasan prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Empat Lawang.-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM -Kabupaten Empat Lawang menjadi prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2022 lalu. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin melalui Asisten l Setda Empat Lawang, Ir Dadang Munandar mengatakan hal tersebut dalam rapat pembahasan pemadanan data by Name by Address penyasaran percepatan penghapusan kemiskinan (P3KE) di tingkat kecamatan di kantor Bappeda dan Litbang Kabupaten Empat Lawang.

"Ini adalah upaya yang terarah terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan atau masyarakat dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pemberdayaan pendampingan serta fasilitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara," ungkap Dadang.

Ia menyampaikan, P3KE adalah kumpulan informasi dan data keluarga per individu anggota keluarga hasil pemutakhiran basis data keluarga Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Miskin di Sumatera Utara, Tempatmu Masuk Gak?

"Menindaklanjuti instruksi presiden nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan berdasarkan keputusan Menko PMK nomor 25 tahun 2022 tentang penentuan wilayah kemiskinan extrem tahun 2021 sampai dengan 2024 Kabupaten Empat Lawang menjadi prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2022," bebernya.

Akan tetapi sambung dia, menjadi perluasan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 sampai 2024 dalam hal ini Pemkab Empat Lawang melalui BAPPEDA dan Litbang,  menindak lanjuti data P3KE yang diterima dari Kemenko PMK itu.

Ia menerangkan lebih lanjut, dalam menindak lanjuti data tersebut di perlukan verifikasi data dengan sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tingkat desa.

"Hasil verifikasi data yang valid ini akan digunakan oleh Pemkab Empat Lawang dalam penentuan penerima bantuan kemiskinan untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Empat Lawang," terangnya.

BACA JUGA:Tuntaskan Kemiskinan,13 Desa Jadi Sasaran Walikota Prabumulih, Program Ini Solusinya?

Penentuan kemiskinan ekstrem Kabupaten Empat Lawang tahun 2023 sebesar 1,92% dari jumlah individu yang termasuk pada data P3KE sebanyak 2,106 individu.

Untuk mendapatkan nama penerima bantuan kemiskinan yang dapat tepat sasaran dan valid sambung dia, perlu dakukan pemadupadanan by name by address data P3KE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: