Honda

Desa Lubuk Mabar Berbenah dari Berkembang Menuju Mandiri, Yuk Simak Selengkapnya

Desa Lubuk Mabar Berbenah dari Berkembang Menuju Mandiri, Yuk Simak Selengkapnya

INPUT DATA : Perangkat dan pendamping desa, sedang menginput data terkait program IDM, Sabtu 15 April 2023.-PEMDES LUBUK MABAR FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Perkembangan suatu desa ditentukan dengan adanya program kerja, pembangunan infrastruktur, sarana penunjang lainnya maupun sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA). 

Dari komponen yang disebutkan diatas, pastinya akan mempengaruhi dengan indeks desa membangun (IDM), mulai dari tertinggal, maju, berkembang dan mandiri.

Salah satunya, Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Penjalang Suku Empayang Kikim Saling Ulu (Pseksu), Kabupaten Lahat yang terus berbenah sekaligus membangun segala aspek sektoral.

"Alhamdulillah, baik perangkat dan pendamping desa bekerja dengan menginput data, termasuk memproses segala sumber-sumber yang ada," jelas Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Sabtu 15 April 2023.

BACA JUGA:Senyum Sumringah Terpancar Dari Warga, Ternyata Ini yang Dilakukan Pemdes Sukanegara

Yeni Fitriana mengemukakan, IDM digunakan pemerintah sebagai alat untuk mengukur status perkembangan suatu desa, sehingga rekomendasi kebijakan yang diperlukan akan lebih tepat sasaran.

"Sehingga program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat (PP), dalam hal ini Kementerian Desa, bisa meloloskan Lubuk Mabar untuk menjadi Desa Mandiri," sebutnya.

Akan tetapi, sambung dirinya, dibutuhkan kekompakkan, kebersamaan dan kekeluargaan dimulai dari Pemdes, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Adat (Todat), Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), TP PKK Desa maupun Pemerintah Kecamatan.

"Dari desa berkembang loncat ke mandiri, kita lihat sekelilingnya seperti sarana yang ada didesa sudah lengkap, kemudian ditambah tahun ini angka kemiskinan menurun dratis, rumah sudah layak huni semua, sudah ada bank sampah, wisata air, wisata religius, wisata hutan dan sudah ada taman desa, yang mana faktor utama pendukungnya," terang Yeni Fitriana.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Miskin di Sumatera Barat, Nomor 4 Dikenal Surganya Peselancar

Yeni Fitriana berharap, dari hal diatas itulah kedepannya akan mampu menciptakan peluang besar, sehingga Desa Lubuk Mabar tidak akan lagi bergantung kepada bantuan.

"Apabila ini sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, maka, perkembangan desa terus melejit untuk menuju perubahan, dengan dilengkapi oleh penunjang lainnya," tandasnya.

Terpisah, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, pihaknya tentunya memberikan hal terbaik, sehingga desa-desa yang ada untuk bangkit dan menunjukkan jati dirinya.

"Pastinya, hal-hal inilah akan menjadi fokus kita untuk melakukan evaluasi sekaligus pemantauan terhadap segala bentuk kegiatan," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: