Honda

Polda Sumsel Musnahkan Ratusan Senpira Hasil Operasi Senpi Musi 2023

Polda Sumsel Musnahkan Ratusan Senpira Hasil Operasi Senpi Musi 2023

Wakapolda Sumsel, Brigjen Zulkarnain memotong senpira hasil Operasi Senpi Musi 2023 di Mako Brimob, Talang Kelapa Palembang, Senin 17 April 2023. -Humas Polda Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES. COM - Polda Sumsel memusnakan ratusan senjata api rakitan (senpira) hasil Operasi Senpi Musi 2023, di Mako Brimob, Talang Kelapa Palembang, Senin 17 April 2023. 

Adapun senpira yang dimusnahkan terdiri dari senpira laras panjang sebsnysk 294 pucuk, dan senpira laras pendek sebanyak 135.

Pemusnahan sendiri dilakukan dengan cara dipotong menggunakan gerinda, oleh unsur Forkopimda Sumsel.

Wakapolda Sumsel, Brigjen Zulkarnain mengatakan, bahwa senpira yang dimusnahkan merupakan sebagian besar hasi serahan masyarakat dan ada juga hasil ungkap kasus. 

BACA JUGA:Hening, Inilah 3 Daerah Paling Sepi di Provinsi Sumatera Utara, Rumah Warganya Berjauhan

"Dalam Operasi Senpi Musi 2023, kita mengambil kebijakan bagi masyarakat yang sukarela menyerahkan senpiranya tidak diproses.

Namun jika hasil ungkap kasus akan dilanjutkan proses hukum, " aku dia. 

Dirinya menjelaskan, bahwa senpira yang didapatkan sebagian besar berasal dari Kabupaten PALI sebanyak 76 pucuk, Muara Enim sebanyak 75 pucuk, kabupaten OKl sebanyak 69 pucuk, dan sisanya dari Kabupaten dan Kota di Sumsel.

"Kita sangat prihatin dengan maraknya sempira di Sumsel, untuk itu kita mengusulkan kepada pemerintah untuk pemberdayaan pengrajin besi atau pembuat senjata api, " terangnya kepada wartawan. 

BACA JUGA:Pemilik BPJS Kesehatan KIS 7 Tipe Ini Dapat Bansos PKH Rp1,5 Juta, Cair Mei 2023!

Para pengrajin senpira ini, menurut Kapolda, punya kemampuan yang jika diberdayakan maka mereka akan bisa bekerja dan pasti meninggalkan kegiatan negatif. 

“Pengrajin membuat senpira biasanya bukan karena pesanan, tapi berdasarkan amunisi yang dimiliki.

Maka itu amunisi harus dijaga baik-baik dan diaudit yang benar, seperti Brimob banyak memiliki amunisi,’’ tukasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel