Honda

Masjid Nurul Iman Kota Lahat Buka Penerimaan Zakat Fitrah, Ini Buktinya

Masjid Nurul Iman Kota Lahat Buka Penerimaan Zakat Fitrah, Ini Buktinya

BAYAR ZAKAT : Panitia Masjid Nurul Iman berada di papan pengumuman, untuk pembayaran zakat fitrah, Selasa 18 April 2023.-Deni Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Salah satu Kewajiban sebagai umat muslim yaitu membayar zakat fitrah pada pengujung Bulan Suci Ramadan. 

Untuk itu, dalam memudahkan masyarakat menyalurkan Zakat, maka Masjid Nurul Iman di lingkungan Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kecamatan Lahat, mulai membuka penerimaan zakat fitrah dan maal.

Ketua Pelaksana Penerimaan Zakat Fitrah dan Maal, Amir Marzuki melalui Sekretaris Masjid Nurul Iman, Aan Febransyah SE mengungkapkan, pihaknya mengumpulkan zakat dari warga sekitar lingkungan masjid dan masyarakat Umum. 

"Untuk penerimaan zakat kita mulai Selasa 18 April 2023 sampai H-1 Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah," ungkapnya, Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:Bayarkan Zakat Anda Segera! Kemenag Pagaralam Tetapkan Besarannya

Dirinya menambahkan, zakat yang diterima dari masyarakat akan di salurkan kepada yang tepat dan berhak menerimanya.

"Insyaa Allah, zakat dan maal yang dikumpulkan dari warga di sekitar lingkungan masjid, akan diberikan kepada mereka memang berhak," sebut Aan Febransyah.

Aan Febransyah menjelaskan, sesuai dengan ketentuan pembayaran zakat satu orang dengan nisab beras 2,5 kilogram, sedangkan uang sebesar Rp 30.000.

"Namun zakat juga bisa dibayarkan dalam bentuk uang, yang sama nilainya dengan berat beras tersebut yakni untuk kabupaten Lahat sendiri sebesar Rp. 30.000," terangnya.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Kaya di Sumatera Barat, Penduduknya Bak Kumpulan Sultan

Ia menerangkan, tentu saja, zakat fitrah dan maal yang panitia kumpulkan tadi, akan dihitung secara keseluruhannya dan diumumkan pada saat Shalat Ied Mubarak.

"Insyaa Allah, semoga apa yang kami kerjakan tersebut benar-benar berkah dan menjadi amalan bagi keluarga memang mendapatkannya," tegas Aan Febransyah. 

Sementara itu, Ketua RW 01 Talang Jawa Selatan, Novriyanto BA mengemukakan, pihaknya meminta kepada seluruh panitia, supaya dalam penerimaan dan penyaluran disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Jangan sampai tidak tepat sasaran, karena itu merupakan hal umat yang membutuhkan, agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: