Honda

Warga Muhammadiyah Ogan Ilir Gelar Salat Ied, Khotib Beberkan Ini

Warga Muhammadiyah Ogan Ilir Gelar Salat Ied, Khotib Beberkan Ini

Masyarakat Muhammadiyah di Desa Tebing Gerinting Selatan, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir dan beberapa desa tetangga lainnya, saat menjalankan Salat Idul Fitri di halaman kantor Desa Tebing Gerinting Selatan.-Wijdan -palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Sejak pagi pukul 06.00 WIB, Jumat 21 April 2023, masyarakat Muhammadiyah di Desa Tebing Gerinting Selatan, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir dan beberapa desa tetangga lainnya, berdatangan ke kantor Desa Tebing Gerinting Selatan.

Tujuan mereka tidak lain untuk menunaikan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Rangkaian salat diawali dengan melantukan takbir, tahlil, dan tahmid, dan sekitar pukul 07.10 Wib, Salat Ied dimulai dengan Imam Ustadz Drs Indragiri.

Drs Indragiri yang juga dipercaya menjadi Khotib, dalam khotbahnya mengajak jemaah untuk saling memaafkan satu sama lainnya di hari kemenangan ini.

BACA JUGA:Penerima BLT BPNT Sembako Dapat PKH Dobel Cair Sampai H - 1 Lebaran 2023, Cek Faktanya!

"Setelah kita berjuang satu bulan penuh dalam menunai Ibadah Puasa, banyak kegiatan ibadah yang kita lakukan. 

Untuk itu, mari kita Istiqomah menjalan perintah Allah, sudah saatnya kita hijrah, dan memohon ampun istighfar kepada Allah atas dosa-dosa yang kita lakukan," paparnya.

Sebelumnya Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ogan Ilir,  Sudarta Salman, SE.,MM, mengatakan, terhadap kemungkinan Muhammadiyah dan Pemerintah berbeda dalam menetapkan Hari Raya Idil Fitri, pihaknya berharap agar masyarakat dapat memaklumi dan memahami.

"Bahwa di Indonesia saat ini belum menyepakati adanya kalender Islam global. 

BACA JUGA:5 Daerah dengan Penduduk Miskin Paling Banyak di Provinsi Aceh, Nomor 5 Namanya Unik

Dengan demikian, bisa saja keputusan pemerintah berbeda dengan masyarakat atau organisasi Islam, termasuk Muhammadiyah," ungkapnya.

Untuk itu katanya, agar semua pihak sama-sama menghargai, jika diperlukan untuk saling bantu membantu satu sama lain yang menyelenggarakan Salat Ied beda hari.

"Insya Allah masyarakat Indonesia selama ini sudah cukup arif menyikapi perbedaan ini," tukasnya.

Sedangkan lanjutnya, pada tahun ini di Kabupaten Ogan Ilir ada 14 titik yang menggelar Salat Idul Fitri 1444 Hijriah atau Jumat 21 April 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com