Honda

Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas, Pendapatan Naik Signifikan

Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas, Pendapatan Naik Signifikan

Pada Kuartal-I 2023 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memperoleh kontribusi signifikan dari unit bisnis e-commerce yaitu Tokopedia.-Dok Palpres-Palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM- Pada Kuartal-I 2023 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) memperoleh kontribusi signifikan dari unit bisnis e-commerce yaitu Tokopedia.

Tak tanggung-tanggung, catatan kenaikan pendapatan bruto dari marketplace terbesar di Indonesia ini mencapai 21 persen atau menjadi Rp2,26 triliun.

Data itu merupakan tiga awal tahun ini jika dibandingkan Rp1,87 triliun pada Kuartal-I 2022.

Pertumbuhan signifikan pendapatan bruto Tokopedia menjadi sorotan karena menandai besarnya peran pelanggan setia terhadap pertumbuhan bisnis Perseroan. 

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Website Penghasil Saldo DANA Gratis Hingga Rp900 Ribu

Hal itu disebabkan, Tokopedia tetap mampu mencatatkan kenaikan pendapatan di tengah Gross Transaction Value (GTV) di unit bisnis e-commerce sebesar Rp62,8 triliun pada Kuartal-I 2023 atau termoderasi kurang dari 4 persen dibandingkan Rp65,135 triliun pada Kuartal-I 2022. 

Situasi positif di Tokopedia tersebut turut mendorong terjadinya upaya optimalisasi biaya sehingga terjadi efisiensi di sejumlah pos pengeluaran GOTO. 

Hasilnya, pendapatan bruto GOTO itu sendiri meningkat 14 persen menjadi Rp6 triliun pada Kuartal-I 2023 dengan efisiensi biaya insentif pemasaran turun sebesar Rp2,6 triliun atau 39 persen. 

”Fokus kami pada pelanggan setia yang profitabel serta kedisiplinan dalam pengelolaan beban, telah meningkatkan efisiensi secara signifikan, sekaligus memberikan sekilas gambaran prospek GoTo di masa depan,” ujar Direktur Utama Grup GoTo, Andre Soelistyo, dalam Siaran Pers kinerja Kuartal-I 2023.

BACA JUGA:SIAP-SIAP, Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Segera Cair, Nominalnya Rp2,4 Juta, Buruan Daftar!

Dengan pencapaian Tokopedia tersebut, untuk kali pertama unit bisnis e-commerce GOTO ini juga berhasil mencapai margin kontribusi positif per Kuartal-I 2023. 

Sebesar 0,3 persen dari GTV atau meningkat 223 basis poin (bps) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Pada satu sisi, tercapainya margin kontribusi positif bisnis e-commerce ini sejalan dengan rencana yang ditetapkan manajemen GOTO. 

Pada saat yang sama, semakin mengukuhkan di jalur cepat menuju profitabilitas yang akan diawali dengan tercapainya EBITDA Disesuaikan (Adjusted EBITDA) yang positif GOTO pada akhir tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: