Honda

Percantik Gedung Serbaguna, Kades Sirah Pulau Beberkan Tujuannya!

Percantik Gedung Serbaguna, Kades Sirah Pulau Beberkan Tujuannya!

Kades Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan, Jayus Oktonianto berada di pembangunan pagar gedung serbaguna-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Pada tahun anggaran (TA) 2023, Pemerintah Desa (Pemdes) Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat rupanya bergerak cepat untuk memperindah sarana prasarana sehingga lebih representatif.

"Betul, hasil musyawarah desa (Musdes) yang kita sepakati untuk membangun beberapa item, yakni pagar beton samping Gedung Serbaguna sepanjang 27 meter, lalu pagar depan baja ringan lebih kurang sepanjang 25 meter," sebut Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Jayus Oktonianto, Sabtu 29 April 2023.

Jayus Oktonianto menambahkan, pihaknya juga menambahkan pembangunan berupa dua unit kamar mandi, termasuk juga penambahan atap pelindung diluar bangunan.

"Kita gunakan baja ringan, dengan lebar kurang lebih 3 meter, dan panjang 27 meter, sehingga apabila ada kegiatan maka warga tidak akan kepanasan atau kehujanan," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemdes Pasang Bronjong di Sungai Pangi, Ini Fungsinya!

Dikatakannya, gedung Serbaguna ini sering kali diperuntukkan dalam berbagai kegiatan baik pernikahan, pertemuan maupun lainnya.

"Nah, supaya terlihat representatif, maka akan kita perindah dengan penambahan fitur bangunan, dengan demikian dapat membantu pendapatan kas desa," jelas Jayus Oktonianto.

Jayus Oktonianto menerangkan, memang semenjak berdirinya bangunan ini, kerap kali diselenggarakan acara, sehingga Pemdes pun mengambil keputusan untuk memberikan sistem sewa.

"Kalau bagi masyarakat Desa Sirah Pulau sendiri sama sekali tidak akan dikenakan biaya sewa, ini hanya diberlakukan bagi desa lain tentunya dengan anggaran tidak membuat kantong jebol," ulasnya.

BACA JUGA:CEK ATM! 2 BLT Ini Cair Via KKS BRI dan Mandiri, Pemilik KIS Segera Lihat Namamu

Dengan begitu, masih kata dirinya, setelah semuanya selesai dalam pengerjaannya, maka kedepannya bisa lebih berkembang dan besar untuk kemajuan desa dan bersama.

"Disinilah peran aktif kita semua, untuk ikut berpartisipasi membantu agar roda pemerintahan maupun perekonomian berjalan dengan baik, lancar dan sukses," tandas Jayus Oktonianto.

Sementara itu, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE menuturkan, terpenting hasil dari musyawarah desa (Musdes) yang telah disetujui bersama, harus dikerjakan untuk kemaslahatan bersama.

"Yang paling utama, anggaran pembangunan infrastruktur pun jangan sesekali diselewengkan, karena saat ini seluruh dana secara online terus dipantau baik oleh DPMD dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: