Honda

Peternak Ayam Petelur di Lahat Hasilkan 30 Karpet Tiap Hari, Ini Lokasi Pemasarannya

Peternak Ayam Petelur di Lahat Hasilkan 30 Karpet Tiap Hari, Ini Lokasi Pemasarannya

AMBIL TELUR : Marbes pemilik kandang ayam di Desa Penandingan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi sedang mengambil telur ayam dari kandang, Rabu 3 Mei 2023.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Kebutuhan akan sehari-hari berupa ayam telur memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi.

Salah satu peternak telur ayam di Desa Penandingan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat dalam sehari mampu menghasilkan 30 karpet yakni bernama Marbes.

"Alhamdulillah, semula kandang ayam berjumlah dua tempat, tapi kini, yang beroperasional hanya satu, dan harga jual perkarpet Rp 55.000," sebut Marbes, Rabu 3 Mei 2023.

Untuk, sambung dia, lokasi tempat penjualannya sendiri masih diseputaran Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu. Sedangkan diluar itu tetap dilayani hanya saja ditambahi dengan ongkos kirim.

BACA JUGA:Selembar Uang Kertas Rp75 Ribu Cukup untuk Bayar DP Motor Honda Vario 125? Ini Faktanya

"Baik itu dijual di toko sembako maupun di pasar kalangan, sedangkan di luar kecamatan ada sedikit tambahan ongkos kirimnya," sebut Marbes.

Marbes menerangkan, sedangkan untuk pakan ternaknya sendiri, cukup signifikan jumlah banyak termasuk juga obat-obatan.

"Maupun minumannya sangat diperhatikan karena harus memakai sumber air bersih. 

Dimasukkan vitamin untuk daya tahan," terangnya.

BACA JUGA:PKM Merebak, Peternak Sapi di Bengkuang Berharap Vaksin Gratis

Pada saat lebaran, lanjut dia, harga jual pun tidak berubah Rp 55.000 perkarpet, hingga detik ini belum dinaikkan, sebab ditingkat pasaran pun sudah berubah.

"Untuk itulah, dalam waktu dekat ini kemungkinan besar ada perubahan untuk hal harga jual, sehingga bisa menyesuaikan ditingkat pasar," ulas Marbes.

Marbes berharap, kedepannya untuk kandang yang sudah tidak beroperasi lagi, bisa dialirkan sehingga jumlah produksi telur ayam pun meningkat, sesuai permintaan pedagang maupun pembeli.

"Disinilah yang perlu kami antisipasi, kandang satu lagi telah berubah menjadi lokasi pengambilan bahan material bebatuan, dan bisa dipindahkan tidak berjauhan dengan satu lagi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: