Honda

Perekaman e-KTP di OKU Timur Meningkat, Kok Bisa?

Perekaman e-KTP di OKU Timur Meningkat, Kok Bisa?

Tampak beberapa warga OKU Timur hendak melakukan perekaman e-KTP-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Pasca cuti bersama lebaran tahun 2023, warga yang melakukan perekaman data KTP di Disdukcapil OKU Timur semakin meningkat dibandikan hari biasa.

Hal ini dikarenakan bersamaan dengan hari libur sekolah, dan kemungkinan masih ada masyarakat yang libur sehingga meluangkan waktu untuk perekaman.

“Tadi saya tanya warga ada yang bilang, pas libur sekolah kebetulan usia sudah masuk 17 tahun.

Sebagian juga memang sudah waktunya melakukan perekaman,” ujar Kepala Disdukcapil OKU Timur, H Mursal SH MM di ruang kerjanya, Rabu 3 Mei 2023.

BACA JUGA:Produksi Karet Turun, Ini yang Dilakukan Petani di Kabupaten OKU Timur

Dalam sebulan, pelayanan administrasi kependudukan sekitar 1.000 lebih warga, sedangkan per harinya mencapai ratusan orang dimana pasca lebaran jumlah itu meningkat 10 persen dari bulan sebelumnya.

“Peningkatan bukan hanya pada perekaman data KTP, tapi juga administrasi lainnya seperti Kartu Keluarga, akte kelahiran dan lainnya.

Peningkatan pelayanan diprediksi hingga satu bulan ke depan,” sebutnya.

Menurutnya, dengan meningkatnya jumlah warga dilayani maka petugas melayani tiga menit untuk perorang dalam perekaman, hal itu salah satu upaya Disdukcapil menjaga pelayanan prima kepada masyarakat.

BACA JUGA:Bertemu dengan 6 Ketum Parpol, Pengamat: Sinyal Jokowi Dukung Prabowo Capres Koalisi Kebangsaan

“Satu orang pelayanan 3 menit, tidak ada molor-molor.

Kalau molor kita tanya lagi petugasnya apa kendalanya,” tandasnya.

Terkait dengan masuknya warga pendatang datang ke OKU Timur, Mursal mengatakan, hal itu tidak bisa dicegah dan bukan kewenangan Disdukcapil.

"Ada yang datang, ada yang ingin merantau ikut keluarga yang liburan saat lebaran, mereka baru tamat sekolah ingin cari kerja diluar merantau," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: