Honda

Kecamatan Kikim Selatan Penghasil Sayuran dan Buahan, Cek Faktanya?

Kecamatan Kikim Selatan Penghasil Sayuran dan Buahan, Cek Faktanya?

TANAMAN : Kepala DPMD Lahat didampingi Camat Kimsel, Ketua Forum Kades dan para kades, menunjukan potensi tanaman sayuran maupun buahan, Kamis 4 Mei 2023.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Kabupaten Lahat sebagai daerah terluas yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bukan hanya sebagai daerah penghasil mutiara hitam semata, akan tetapi, sumber pangan seperti sayuran maupun buah-buahan.

Kecamatan Kikim Selatan rupanya memiliki potensi itu, yang mana, berbagai jenis tanaman begitu digandrungi oleh masyarakat sebagai mata pencaharian mereka.

"Sebut saja, sayuran umbut atau rebung bambu, umbi, batang maupun daun keladi, singkong, pisang putri, peringi (labu), terung bulat, tebu telok, cabe merah besar dan lain sebagainya," sebut Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (Kades) Kikim Selatan, Bambang Heriadi ST.

Bambang Heriadi menambahkan, termasuk juga penghasil telur bebek dan buahan paling favorit yakni, durian rata-rata banyak ditemui di daerah sini, termasuk juga kopi maupun getah karet.

BACA JUGA:BREAKING NEWS, Gerbang Batalyon 753 Nabire Papua Malam Ini Terbakar

"Selain itu, ada juga masyarakat yang bercocok tanam bersawah. Pada intinya, beragam tumbuhan yang bisa menghasilkan untuk dijual," sebutnya.

Memang, lanjut dia, lahan yang Kecamatan Kikim Selatan ini sangat mendukung sekali, termasuk juga warga mulai menanam Pepaya California.

"Alhamdulillah, semuanya yang ditanam bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan maupun permintaan pasar," terang Bambang Heriadi.

Bambang Heriadi menjelaskan, kini pun para kades juga membuat terobosan, dengan menanam berbagai jenis sayuran, sebagai penopang utama pemasukan untuk desa.

BACA JUGA:Bingung Mau Jual Kemana? Hubungi Kolektor Ini, Dijamin Uang Kunomu Laku Jutaan

"Disinilah, kami terus belajar dan mengasah kemampuan serta keterampilan, untuk membuat maju desa agar Kikim Selatan menjadi terkenal," sebutnya.

Dirinya menyampaikan, tentunya potensi sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, akan memberikan kemudahan bagi petani dan pekebun untuk terus berkembang.

"Oleh karena itulah, terobosan baru kedepannya bisa membuat Kikim Selatan semakin besar, maupun menjadi daerah terdepan," tandas Bambang Heriadi yang juga menjabat Kades Jagabaya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: