Honda

Pemdes Keban Agung Komitmen Berantas Angka Kemiskinan, Ini Resep Jitunya

Pemdes Keban Agung Komitmen Berantas Angka Kemiskinan, Ini Resep Jitunya

FOTO BERSAMA : Pembimbing SDGs dan Kades Keban Agung, Fitra Juanda, Camat dan jajaran berfoto bersama , Rabu 17 Mei 2023.-PEMDES KEBAN AGUNG FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa ini rupanya, menjadi prioritas utama terutama mengantisipasi terjadinya angka kemiskinan dan kelaparan, dengan mengedepankan aspek sektoral baik itu pertanian, perkebunan, pendidikan maupun kesehatan.

Nah, ini tentunya menjadi acuan serius mesti dilakukan jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat untuk membawa perubahan yang cukup baik.

"Materi mengenai SDGs yang disampaikan pembimbing tentunya sangat membantu sekali, terlebih lagi memanfaatkan potensi yang ada sehingga mempengaruhi pendapatan masyarakat," sebut Kepala Desa (Kades) Keban Agung, Fitra Juanda, Rabu 17 Mei 2023.

Fitra Juanda mengemukakan, untuk mewujudkan tentunya tidak lepas dari peran aktif masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) termasuk juga Pemdes.

BACA JUGA:Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT, Pemdes Lubuk Lungkang Lakukan Ini

"Disinilah kekompakkan, kebersamaan dan kekeluargaan akan dilihatkan, sehingga angka kemiskinan maupun kelaparan tidak akan terjadi, sebab, 80 persen warga disini bertani dan berkebun," ujarnya.

Ia meminta, mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, lalu ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

"Intinya pembangunan berkelanjutan. Sustainable Development Goals Desa akan diproyeksikan sebagai role pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030 mendatang," papar Fitra Juanda.

Fitra Juanda menambahkan, banyak hal yang harus direalisasikan untuk mewujudkan mimpi tersebut, sehingga Desa Keban Agung ini kedepannya dikategorikan sebagai SDGs.

BACA JUGA:Update Jadwal Pencairan Bansos PKH, BPNT dan Bantuan Beras Hari Ini 17 Mei 2023 di Daerah Ini

"Tentunya ini akan menjadi motivasi dan inspirasi, dalam memberikan informasi serta pelayanan kepada masyarakat, untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi," tandasnya.

Sementara itu, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE menuturkan, pelatihan ini sangat penting sekali, sehingga dapat diketahui potensi yang ada di desa.

"Agar dapat dikembangkan sedemikian rupa, sehingga menjadi prioritas utama untuk membangun desa kedepannya," ulasnya.

Dirinya berharap, adanya program ini desa-desa yang ada akan terus menunjukan eksistensinya, terutama sekali dalam penggunaan anggaran desa, demi kemaslahatan dan kemajuan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: