Honda

Yuk Tertib Berlalulintas! Tilang Manual Bagi Pelanggar Akan Diterapkan Satlantas Muba

Yuk Tertib Berlalulintas!  Tilang Manual Bagi Pelanggar Akan Diterapkan Satlantas Muba

Kasat Lantas Polres Muba AKP Ricky Mozam SH MH Menghimbau Untuk Menggunakan Helm SNI Saat Berkendaraan.-Instagram Satlantas Polres Muba-

MUBA,PALPRES.COM- Satlantas Polres Musi Banyuasin (Muba) bakal menerapkan tilang manual bagi pelanggar lalulintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas (Lakalantas), selain melalui kamera ETLE.

Hal dibenarkan Kapolres Muba AKBP Siswandi melalui Kasat Lantas AKP Ricky Mozam, Jumat 19 Mei 2023.

Menurut Ricky, penerapan tilang manual sendiri, adanya beberapa kecelakaan lalulintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Muba, sehingga perlu mengambil langkah guna meminimalisir terjadinya lakalantas.

“Lakalantas itu dapat terjadi, karena ada sesuatu yang salah, bisa jadi disebabkan oleh human error (kesalahan manusia), Alam, kondisi jalan maupun kondisi kendaraan itu sendiri, namun yang sering terjadi adalah kelalaian manusia,” ungkapnya.

BACA JUGA:Langka dan Mengandung Emas, Inilah Deretan Uang Koin Kuno yang Bikin Kaya Mendadak, Kamu Punya Gak?

Kasat juga membeberkan beberapa poin yang dapat menimbulkan kecelakaan.

Diantaranya, berkendaraan oleh anak dibawah umur, berbonceng lebih dari 2 orang, menggunakan HP saat berkendaraan, menerobos lampu merah, tidak memakai helm SNI, melawan arus, membawa mobil atau motor dalam keadaan mabuk, melanggar batas kecepatan dan kendaraannya tidak sesuai standar serta tanpa plat nopol.

“Kita nanti pasti melakukan tindakan dengan mengedepankan sisi humanis namun tegas, dan personil yang melakukan penindakan adalah personil minimal sudah memiliki  SK Penyidik atau penyidik pembantu serta disertai dengan surat perintah tugas,” jelasnya.

Mantan Kasat Lantas Banyuasin ini juga menghimbau, kepada masyarakat khususnya masyarakat Muba agar selalu mematuhi peraturan lalulintas.

BACA JUGA:Tindaklanjuti Keluhan Warga Terkait Aktifitas Angkutan Batubara, Satlantas Muba Lakukan Ini

“Sudah banyak anak-anak muda yang menjadi korban kecelakaan lalulintas, dengan kita berdisiplin dalam berlalu lintas.

Insyaallah keselamatan akan selalu bersama kita. Mari sama-sama budayakan tertib lalulintas,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: