Honda

Harga Kambing di Musirawas Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha, Ini Besaran Kenaikannya?

Harga Kambing di Musirawas Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha, Ini Besaran Kenaikannya?

Kambing kurban mulai banyak dijual pedagang.-Eko Wahyudi-Palpres.com

MUSIRAWAS, PALPRES.COM- Menjelang Idul Adha atau hari raya kurban tidak lama lagi.

Harga hewan ternak kambing mulai mengalami kenaikan di wilayah Kabupaten Musi Rawas, Kecamatan Tugumulyo, Senin, 22 Mei 2023.

Adison yang merupakan seorang peternak di Desa Tugumulyo mengakui harga kambing mulai naik dipasaran sejak awal bulan Mei 2023.

"Harga kambing mulai naik sejak awal bulan Mei, yang biasanya kita jual Rp.2,000,000 sekarang sudah Rp.2,500,000 itu untuk kambing jenis kacang," ucapnya.

BACA JUGA:Kolektor Ini Cari Koin Kelapa Sawit dan Uang Kapal Pinisi, Berani Bayar Harga ‘Wah’

Ia juga mengatakan permintaan pasar mulai ramai saat ini, jenis kambing jantan dengan bobot dan ukuran besar menjadi primadona saat ini. Harga kambing dewasa yang ditawarkan kisaran Rp.2,500,000 hingga Rp.4.500.000 juta rupiah per ekornya.

"Untuk permintaan sudah banyak yang pesan, ada yang sudah bayar lunas namun, kambingnya masih dititipkan dikandang kita sampai hari pemotongan, dan untuk harga juga kita bervariasi mulai dari harga Rp.2, 500,000 sampai Rp.4,500, 000 tergantung ukuran dan jenisnya," Ungkapannya.

Menurut Adison, harga kambing akan terus naik sampai H-2 lebaran haji. Biasanya masyarakat membeli kambing untuk dikurbankan, selain itu ada juga untuk Aqiqah.

"Kalau biasanya dari tahun ketahu harga kambing akan terus naik sampai dengan H-2 lebaran Idul Adha," ujarnya.

BACA JUGA:CATAT! 7 Golongan Ini Bakal Dapat Bansos Tambahan, Cair Akhir Mei 2023, Buruan Cek Nama di Link

Tidak sampai disitu sebagai peternakan dan penjual kambing ia pun memberikan saran dan tips untuk masyarakat yang hendak berkurban di hari raya idul adha, agar teliti dalam membeli kambing sebelum dikurbankan.

"Sedikit saran untuk masyarakat yang hendak berkurban dan memilih kambing yang pasti, kambing harus sehat, gemuk dan tidak cacat, terakhir kambing harus cukup umur setidaknya di atas 1,5 tahun,"tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: