Honda

PMD OKU Timur Beberkan Biaya Pilkades Serentak, Coba Baca Ternyata Ini Rinciannya

PMD OKU Timur Beberkan Biaya Pilkades Serentak, Coba Baca Ternyata Ini Rinciannya

Kadis PMD OKU Timur, H Rusman SE ST MM--

MARTAPURA, PALPRES.COM- Terkait pemberitan adanya pengunduran diri Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson  dari Kepanitian Pimilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak 2023, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur, H Rusman SE ST MM, angkat bicara  menyikapi dugaan biaya Pilkades serentak yang dìbebankan kepada Calon Kepala Desa (Cakades).

Rusman mengklaim bahwa panitia Pilkades kabupaten tidak pernah mengintrusikan atau mengintervensi, pihak panitia desa untuk memungut biaya terhadap para Cakades.

Menurutnya, biaya Pilkades memang benar dìtanggung oleh APBD OKU Timur, tapi biaya tersebut hanya untuk item honor 17 orang panitia, 5 pengawas, surat suara dan surat undangan.

“Jika dìtotal per desa hanya mendapatkan biaya untuk Pilkades sebesar Rp 27,5 juta, dana tersebut untuk keperluan Pilkades sejak awal tahapan hingga selesai,” jelas Rusman, Senin 22 Mei 2023.

BACA JUGA:Wawako Lubuklinggau Lantik 82 Pejabat, Nah Bakal Ada Pelantikan Selanjutnya Loh

Mengenai kebutuhan dìluar item yang tadi, tentu menjadi kewenangan pihak panitia desa untuk melengkapinya, bahkan, panitia desa bisa mencari sumber dana lain untuk mendukung kekurangan pelaksanaan biaya Pilkades tersebut.

Bisa dari sumbangan warga setempat, donatur yang tidak mengikat, atau bisa juga melalui kesepakatan para calon bersama panitia desa.

Namun, kewenangan dan langkah tersebut tidak serta merta intruksi dari panitia kabupaten. Sebab, panitia desa yang mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan Pilkades ini.

“Jadi jika biaya Pilkades tidak cukup, panitia desa bisa menggunakan dana dari sumber lain yang ada dì masing-masing desa,”pungkas Rusman. (arm)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: