Honda

KEREN, Desa Jagabaya Bangun Infrastruktur Ini Untuk Menunjang Aktifitas Warga

KEREN, Desa Jagabaya Bangun Infrastruktur Ini Untuk Menunjang Aktifitas Warga

Tim Monev Kecamatan Kikim Selatan didampingi Perangkat Desa Jagabaya mengecek pembangunan JUT lanjutan-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Desa Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten LAHAT terus berbenah untuk tampil lebih cantik, macho dan eksis dengan cara melakukan beberapa pembangunan infrastruktur penunjang dari aktifitas masyarakat.

Terutama sekali, jalan usaha tani (JUT) dan platduiker, sehingga petani dalam membawa hasil panen tidak perlu lagi berjuang, sekaligus memasang rantai pada ban motor di areal lumpur.

"Untuk JUT tahun anggaran (TA) 2023 ini sepanjang 92 meter, merupakan lanjutan pada 2022 telah selesai mencapai 179 meter," ungkap Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST, Sabtu 27 Mei 2023.

Selain itu, lanjut Bambang Heriadi, pembangunan platduiker di tahun 2022 sebanyak 1 unit, dan untuk tahun 2023 ada 3 unit, dengan tinggi dari pondasi dasar 60 meter dan lebarnya 2 meter.

BACA JUGA:Baca Novelmu, Auto Cuan ke Saldo DANA-mu

"Semuanya kini sudah dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) tim Kecamatan Kikim Selatan, turun ke lokasi pengerjaannya," sebutnya.

Dirinya menambahkan, perlahan tapi pasti, Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, sehingga dana yang sudah terlampir pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) benar secara fisik.

"Di samping infrastruktur, kami juga mengalokasikan dana untuk honor marbot, guru ngaji, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu dan lain sebagainya," urai Bambang Heriadi.

Bambang Heriadi menerangkan, tentunya apa yang telah dikerjakan tersebut, secara administrasi pun dimasukkan agar apabila ada pemeriksaan semuanya tinggal diberikan.

BACA JUGA:Jangan Tertipu! Ini Dia 3 Ciri-ciri Pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Palsu

"Insyaa Allah, kedepannya guna mengembangkan usaha dan desa, Pemdes dibantu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun lembaga lainnya, mampu menciptakan peluang berbeda," paparnya.

Dirinya mengharapkan, program kerja kedepannya akan bersinggungan langsung dengan penduduk, yang mana nantinya direncanakan membuat ketahanan pangan.

"Insyaa Allah, untuk ketahanan pangan akan membuat tanaman hidroponik berupa berbagai jenis sayuran maupun buahan, sehingga ketika panen dapat dimanfaatkan sebaik baiknya," harap Bambang Heriadi.

Senada, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE mengaku pada monev yang dilakukan di 18 desa, bukannya mencari kesalahan, dan tidak perlu khawatir sebab ini sebatas pembinaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: