Honda

SMPN 3 Lahat Buka Kelas Khusus, Ini Kriterianya

SMPN 3 Lahat Buka Kelas Khusus, Ini Kriterianya

Kepala SMPN 3 Lahat, Andi Irawan SPd MPd (kacamata) membagikan hadiah kepada siswa prestasi-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Guna terus berbenah dan memberikan pendidikan mumpuni bagi siswa, maka Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 LAHAT, pada tahun ajaran baru, akan membuka satu kelas khusus yang berisikan hanya 32 siswa dari kalangan keluarga kurang mampu.

"Dengan catatan, mereka memiliki prestasi masuk lima besar terbaik nilai raport dari sekolah dasar (SD), mulai kelas 4 hingga kelas 6," sebut Kepala SMPN 3 Lahat, Andi Irawan SPd MPd, Senin 29 Mei 2023.

Andi Irawan menambahkan, sejauh ini siswa yang telah terdata sebanyak 60 murid, nantinya mereka akan diseleksi secara objektif dan memang memenuhi kriteria-kriteria yang ada.

"Saat ini, kita baru membuka satu kelas khusus dahulu, mereka akan dibebaskan biaya seragam maupun buku mata pelajaran maupun lainnya," ucapnya.

BACA JUGA:Ayo Guys Buruan Klaim Link DANA Kaget Hari Ini 29 Mei 2023: Ada Rezeki Saldo Rp120 Ribu Buat Kamu Nih

Sebab, sambung dia, bercermin banyaknya siswa yang kurang mampu bersekolah, akan tetapi mereka memiliki segudang prestasi akademik.

"Ketika mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan, sangat sulit untuk masuk, makanya dengan adanya kelas khusus ini, semuanya diberikan kemudahan terus mengukir prestasi belajar," papar Andi Irawan.

Bahkan, lanjut Andi Irawan, untuk sumber daya manusia (SDM) berupa tenaga pengajarnya pun, pihaknya telah menyeleksi calon nantinya dapat memberikan ilmu pengetahuan.

"Oleh karena itulah, pihak sekolah terus berupaya semaksimal mungkin, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di SMPN 3 Lahat," jelasnya.

BACA JUGA:Mau Dapat Bansos Bedah Rumah RST dari Kemensos Rp20.000.000? Simak Caranya!

Selain itu, masih kata dia, di sekolah pun telah terbentuk klub Bahasa Inggris dan Matematika, ini memang bagi siswa menyukai mata pelajaran tersebut, termasuk juga menerapkan kurikulum merdeka.

"Lambat laun, berubah menjadi sekolah yang berbeda dari sekolah lainnya, guna mengejar cita-cita dan impian siswa," tandas Andi Irawan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lahat, Drs H Suhirdin MM menuturkan, pihaknya menginginkan sekolah tingkat dasar hingga menengah pertama, untuk terus bersaing dengan sehat, menorehkan prestasi baik bidang akademis maupun sektor lainnya.

"Kami dan Bupati Lahat, Cik Ujang SH dewasa ini begitu konsen (peduli) dengan dunia pendidikan, untuk itulah, program terbaru ini bagi siswa baru masuk sekolah diberikan seragam baru gratis," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: