Honda

Pindah ke KTP Digital, Ikuti Petunjuk di Aplikasi Ini

Pindah ke KTP Digital, Ikuti Petunjuk di Aplikasi Ini

Disdukcapil Empat Lawang mengalami kendala dalam menerapkan KTP digital-PALPRES.COM-

EMPATLAWANG, PALPRES.COM - Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital di Kabupaten Empat Lawang, sampai saat ini masih jauh dari target.

Dari puluhan hingga ratusan ribu wajib KTP, baru sekitar 248 orang masyarakat yang menerapkannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, Drs Peterson Okki, melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Harri Truman mengatakan, beberapa alasan yang sering dijumpai di lapangan terkait migrasi ke KTP digital itu antara lain, sebagian masyarakat sudah lansia dan uzur serta tidak mempunyai HP android yang menjadi syarat utamanya.

“Kendala selama ini kebanyakan dari orang tua atau lansia, mereka pertama tidak memiliki HP android, bahkan tidak punya HP sama sekali, masih kurangnya minat masyarakat beralih ke KTP digital,” kata Truman, Kamis 8 Juni 2023.

BACA JUGA:Besemah Expo HUT Ke-22 Kota Pagaralam, Ini Persiapan OPD Terkait

Ia menjelaskan, sejauh ini sosialisasi masih terus dilakukan ke sejumlah OPD di ruang lingkup Kabupaten Empat Lawang dan belum mencakup wilayah-wilayah kecamatan dan desa, karena itu baru terdata yang sudah beralih ke KTP digital sebanyak 248 jiwa.

Sebenarnya untuk persyaratannya, kata dia, cukup mudah dilakukan, namun itu tadi, tetap saja harus punya HP android.

“Untuk syaratnya sebenarnya cukup mudah bisa dilakukan sendiri, pertama harus memiliki hp android, tidak untuk I-phone, kemudian download aplikasi IKD, ikuti syarat-syarat yang ada di dalam aplikasi, kemudian jika sudah langsung ke kantor disdukcapil untuk melakukan scan QR (barcode),” jelasnya.

Truman menambahkan, bagi masyarakat bisa mengurus sendiri, akan tetapi tetap masih harus ke kantor disdukcapil demi melakukan scan barcode tadi, pemerintah dalam hal ini menargetkan 50 % Kabupaten Empat Lawang ini beralih ke KTP digital, namun sampai saat ini masih sangat jauh dari target.

BACA JUGA:Modal NIK dan KK, BLT PKH Tahap 3 Bisa Cair ke ATM Juni Ini, Begini Penjelasannya

KTP digital adalah pemindahan e-KTP (KTP elektronik) ke dalam bentuk digital pada handphone berupa foto maupun kode QR (QR code). 

Digitalisasi pada kartu identitas diri nantinya dapat dibuka melalui aplikasi khusus. 

Truman mengatakan, bahwa Kabupaten Empat Lawang tahun 2023 ini menargetkan untuk seluruh PNS dan honorer harus sudah memiliki KTP digital.

"Target kita pada tahun ini seluruh PNS dan honorer di Kabupaten Empat Lawang harus sudah memiliki KTP digital," ucap Truman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: