Honda

Dukung Program Gemarikan, Walikota Pagaralam Lakukan Hal Ini

Dukung Program Gemarikan, Walikota Pagaralam Lakukan Hal Ini

Walikota Pagaralam mengajak anak-anak gemar makan ikan-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengajak anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) di Kota Pagaralam, agar gemar makan ikan, dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Gerakan ini guna memberikan motivasi kepada anak-anak dari usia balita agar menyukai dan menggemari makan ikan dan olahannya, sebab ikan mengandung banyak gizi dan manfaat yang dapat membantu anak lebih sehat, kuat dan cerdas.

Melalui kegiatan ini juga, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Pagaralam memberikan bantuan sebanyak 100 ribu benih ikan nila di 6 tebat dan 1 bendungan yang ada di Kota Pagaralam pada tahun 2019.

Selain itu pada tahun 2020, Pemkot Pagaralam memberikan benih ikan Grascap, ikan Mas dan ikan Nila sebanyak 4 ribu ekor, serta tahun 2021 memberikan bantuan ikan Nila sebanyak 40 ribu ekor.

BACA JUGA:Cuma Download Aplikasi Ini, Saldo DANA Rp300.000 Pun Mengalir Deras

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni dalam sambutannya mengajak anak-anak agar gemar makan ikan, sebab ikan selain memiliki banyak kandungan manfaat yang dapat diolah dengan berbagai jenis makanan kekinian, sehingga disukai dan digemari oleh anak-anak.

"Ikan memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak, oleh sebab itu ayo kita makan ikan, karena makan ikan itu enak, bisa membuat sehat, kuat dan cerdas. 

Ikan ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan keninian, sehingga dapat lebih disukai anak-anak," kata Walikota, Sabtu 17 Juni 2023.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Pagaralam, Rachma Hareni Noor Alpian, juga diikuti oleh 300 siswa/siswi dari 9 Sekolah Dasar (SD) di Kota Pagaralam, meliputi SD Negeri 72 Kota Pagaralam, SD Negeri 49 Kota Pagaralam, MI Nurul Iman Kota Pagaralam, SD Negeri 29 Kota Pagaralam, SD Raihan Kota Pagaralam, MI Darussalam Kota Pagaralam, SD Negeri 45 Kota Pagaralam, SD Negeri 65 Kota Pagaralam serta SD Negeri 28 Kota Pagaralam.

BACA JUGA:Terbukti Membayar! Cuan Rp100.000 Langsung Cair dari Game Penghasil Saldo DANA Gratis

Sementara itu Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyatakan siap mendukung gerakan gemarikan ini.

"Kita juga mendukung pencegahan penyakit Stunting dengan membudidayakan masyarakat gemar makan ikan,"  kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Ir Zaitun melalui Kabid Pemberdayaan Pengolahan Perikanan H Okta Novianto S.Stpi.

Menurut Okta, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan melakukan kegiatan pelatihan pembinaan dan pemantauan budidaya ikan di darat (pelatihan pembuatan pakan ikan mandiri) diikuti oleh para kelompok tani pembudidaya ikan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: