Honda

Kabadiklat Kemhan RI Buka Diklat Kader Bela Negara Mahasiswa Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI

Kabadiklat Kemhan RI Buka Diklat Kader Bela Negara Mahasiswa Lingkungan  LLDIKTI Wilayah VI

Inspektur upacara Kabadiklat Kemhan RI Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S, Sos, saat memeriksa pasuka dalam upacara pembukaan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa LLDIKTI Wilayah VI Jawa tengah TA. 2023-Kemhan RI-

KLATEN, PALPRES.COMDiklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa LLDIKTI Wilayah VI Jawa tengah TA. 2023 resmi dibuka oleh Kabadiklat Kemhan RI Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S, Sos.

Pembukaan Diklat Bela Negara tersebut dilakukan dalam upacara yang digelar di Lapangan Upacara Dodiklatpur Rindam IV/ Diponegoro Klaten Jawa Tengah, Senin 19 Juni 2023, pukul. 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kabadiklat Kemhan RI Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S, Sos, didampingi oleh Kabagum LLDIKTI Wilayah  VI Jawa tengah. 

Pelaksanaan diklat yang dimulai Senin 19 Juni hingga Jumat 23 Juni  2023, diikuti sebanyak 200 orang peserta.

BACA JUGA:RESMI! Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 Keluar, Penerima Dapat Rp 600.000 per KK

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara menyampaikan bahwa globalisasi dan perkembangan Iptek yang terjadi tidak hanya berdampak memudahkan kehidupan, namun juga menjadi potensi ancaman terhadap pertahanan dan keamanan yang semakin kompleks dan dinamis. 

“Menghadapi isu global yang menunjukkan eskalasi peningkatan secara signifikan, maka sektor pertahanan dan keamanan  menjadi suatu keniscayaan  untuk diperkuat,” tegas Inspektur Upacara.

Berbagai kemungkinan tersebut, menurut dia, harus mampu diantisipasi untuk melindungi segenap bangsa, negara dan seluruh warganya.

“Sishankamrata merupakan doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara, yang dalam implementasinya mengacu pada sistem pertahanan bersifat semesta,” papar Inspektur Upacara.

BACA JUGA:GAK NYANGKA, 3 Nama Kota di Sumatera Utara Ternyata Berasal dari Singkatan, Medan Kepanjangannya Apa?

Pertahanan semesta itu, menurut dia, melibatkan seluruh sumber daya nasional untuk pertahanan, yang dipersiapakan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, terarah dan berkelanjutan. 

Hal ini, lanjutnya, yang melandasi ditetapkannya UU. No. 23/2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional.

Mencermati hal tersebut diatas, Kementrian Pertahanan melalui Badiklat Kemhan RI, dalam hal ini Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan menyelenggarakan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa di lingkungan LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah TA. 2023, sebagai salah satu bentuk bela negara mahasiswa kepada bangsa dan negara menghadapi ancaman non militer.

“Diklat Kader Bela Negara diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Bela Negara bagi mahasiswa  yang berkepribadian Pancasila, dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi melalui berbagai pengetahuan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemhan ri