Honda

Komunitas Nelayan Pesisir Latih Ibu-Ibu Membuat Kemplang Makanan Khas Palembang

Komunitas Nelayan Pesisir Latih Ibu-Ibu Membuat Kemplang Makanan Khas Palembang

Komunitas Nelayan Pesisir dukung Ganjar Pranowo mengelar pelatihan membuat Kemplang di Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 20 Juni 2023. --

PALEMBANG,PALPRES.COM- Komunitas Nelayan Pesisir dukung Ganjar Pranowo mengelar pelatihan membuat Kemplang di Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 20 Juni 2023. 

Koordinator Nelayan Pesisir Provinsi Sumsel Heldi Bagja mengatakan Kelempang merupakan makanan sejenis kerupuk khas daerah Palembang.

Kemplang dibuat dari ikan segar hasil tangkapan nelayan, dicampur dengan tepung, penyedap rasa, lalu dikeringkan dan kemudian dipanggang. 

"Kemplang sendiri terbuat dari (bahan dasar) ikan hasil tangkap nelayan, terigu dan diolah," ujar Heldi di lokasi acara. 

BACA JUGA:Gandeng Mahasiswa UIN Raden Fatah, GMC Sumsel Gelar Lomba Stand Up Comedy

Menurut Heldi, pelatihan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan keterampilan dan meningkatkan nilai ekonomi produk mereka, sambil mempromosikan kuliner khas Palembang.

Dalam pelatihan, masyarakat khususnya Ibu-ibu diajarkan teknik-teknik pengolahan ikan menjadi Kelempang yang berkualitas tinggi, lezat, dan menggugah selera. 

"Ibu-ibu kami tingkatkan kualitas sumber daya manusianya untuk belajar membuat Kelempang," jelasnya.

Heldi Bagja juga berkomitmen untuk memberikan bimbingan dalam hal produksi dan pemasaran Kelempang.

BACA JUGA:Kolaborasi GMC dan Komunitas Mahasiswa Tingkatkan Kemampuan Generasi Milenial Produksi Bunga Bucket

Melalui pelatihan ini, masyarakat belajar tentang pemilihan ikan yang tepat, proses pengolahan yang benar, dan strategi pemasaran yang efektif. 

Dengan demikian, Heldi berharap kemampuan masyarakat sehingga menghasilkan Kelempang berkualitas tinggi dan meningkatkan daya saing produk mereka di pasar.

"Kami juga membantu pemasaran untuk Kelempang bisa dikenal luas," ucapnya. 

Selain itu, Heldi juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kuliner khas Palembang. Kelempang, makanan ikonik dari daerah ini, akan semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: