Honda

Wajibkan Panitia Bagikan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik, Ini Solusi Pj Bupati Apriyadi

Wajibkan Panitia Bagikan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik, Ini Solusi Pj Bupati Apriyadi

Warga Muba menggunakan pelepah pisang sebagai pengganti wadah daging kurban dari kantong plastik atau kresek.-Dinas Kominfo Muba-

MUBA, PALPRES.COM - Perayaan Idul Adha 1444 H yang akan dilaksanakan pada 28-29 Juni mendatang, tentu tidak terpisahkan dengan pemotongan hewan kurban seperti Kambing dan Sapi.

Dalam kaitan tersebut, Pj Bupati Apriyadi Mahmud meminta semua panitia pemotongan hewan kurban di wilayah Kabupaten Muba untuk tidak menggunakan kantong plastik atau kresek yang digunakan untuk membungkus pembagian daging kurban.

"Kita minimalisir sampah kantong plastik, jadi panitia bisa gunakan daun pisang, pelepah pinang hingga anyaman bambu. 

Kita komitmen kurangi sampah kantong plastik," ucap Pj Bupati Apriyadi Mahmud, Minggu 25 Juni 2023.   

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Dihapus untuk KKS Lama? Cek Faktanya

Menurutnya, dengan demikian sampah kantong plastik di Muba dapat berkurang, terlebih sampah jenis kantong plastik sangat susah dan lama proses peleburannya. 

"Kita pertahankan tradisi kita setiap pelaksanaan kurban tidak memanfaatkan kantong plastik," ulasnya.

Mantan Kabag Kesra Muba ini menambahkan, ia juga telah meminta semua perangkat Kecamatan di Muba mengimbau kepada warga memanfaatkan daun pisang dan pelepah pinang, untuk menjadi pengganti kantong plastik wadah daging kurban yang akan dibagikan ke warga.

"Seperti misalnya di Bayung Lencir itu kan ada pengerajin pelepah pinang, nah jadi manfaatkan pelepah pinang itu sebagai pengganti kantong plastik," ucapnya. 

BACA JUGA:INFO RESMI! Bansos BPNT Sembako Rp400.000 Cair Ke Daerah Ini, Cek ATM Milikmu

Sementara itu, Kabag Kesra Muba Opi Palopi mengungkapkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan panitia pemotongan hewan kurban di masjid-masjid Kabupaten Muba untuk memininalisir penggunaan kantong plastik. 

"Khusus untuk kurban di OPD Muba, semua sudah sepakat meminimalisir penggunaan kantong plastik untuk pembagian daging kurban," pungkasnya.

Opi mengungkapkan, hingga Minggu 25 Juni 2023 tercatat Pemkab Muba sudah ada sebanyak 28 ekor sapi untuk dikurbankan dan dibagikan ke masyarakat. 

"Tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah, dimana hewan kurban tersebut bersumber dari tiap instansi di lingkungan Pemkab Muba dan perusahaan perusahaan yang berdomilisi di Muba," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kominfo muba