Honda

Berikut 3 Amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur, Yuk Dicontoh

Berikut 3 Amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur, Yuk Dicontoh

3 amalan yang dilakukan Nabi Muhammad sebelum tidur--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Rasulullah SWA merupakan role model bagi Umat Islam, dimana perbuatan, perkataan dan segala aktivitasnya menjadi suri tauladan bagi kaum muslimin dan muslimat.

Rasulullah SAW selalu memberikan contoh yang baik dalam sendi kehidupannya, mulai dari tidur sampai bangun tidur.

Dalam bahasan kali ini kita akan mengulas mengenai 7 Amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SWA sebelum tidur.

Setiap orang selalu mengharapkan tidur yang nyaman, tenang dan nyenyak, tapi kadang mereka lupa membaca doa, padahal doa merupakan cara bagi seorang muslim untuk menyampaikan keinginan spiritual dan material kepada Allah SWT.

BACA JUGA:5 Gunung Api Paling Berbahaya Untuk Didaki di Indonesia, Nomor 3 Tertinggi di Pulau Sumatera

Berikut 7 amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SWA sebelum tidur, simak ya

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Terkadang sebagai orang memahami bahwa wudhu yang dilakukan sebelum melaksanakan salat wajib dan sunat saja, padahal wudhu dapat dilaksanakan kapan pun untuk menjaga kesucian diri kita.

Rasulullah SWA selalu berwudhu sebelum tidur, dan itu merupakan amalan sunnah, dimana berwudhu sebelum tidur merupakan sebuah ritual pembersihan diri yang melibatkan penggunaan air untuk membersihkan beberapa anggota tubuh seperti wajah, tangan, kepala, dan kaki.

BACA JUGA:Dihadapan Tim Verifikasi Setmilpres, Ini Yang Disampaikan Ketua TP PKK Lubuklinggau

Berwudhu sebelum tidur memiliki keutamaan tersendiri, seperti membantu memelihara kebersihan tubuh, menjernihkan pikiran, dan menenangkan jiwa.

Dalil yang menunjukkan keutamaan berwudhu sebelum tidur dapat ditemukan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, dalam salah satu hadits riwayat al-Bukhari, Nabi bersabda:

“Apabila kamu ingin tidur, hendaklah kamu berwudhu sebagaimana kamu berwudhu untuk salat.” (HR. al-Bukhari, no. 247)

Hadits ini menunjukkan bahwa berwudhu sebelum tidur adalah amalan yang dianjurkan dan memiliki nilai ibadah tersendiri.

BACA JUGA:Profesor Muslim Gugur Bakal Calon Rektor Unsri, 3 Kandidat Pilpres Unsri 2023 Masuk ke Meja Menteri

Selain itu, berwudhu sebelum tidur juga dapat melindungi kita dari gangguan setan saat tidur, sebagaimana disebutkan dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Muslim:

“Barangsiapa berwudhu sebelum tidur, maka malaikat akan menjaganya dan setan tidak akan mendekatinya.” (HR. Muslim, no. 2714)

2. Membersihkan Tempat Tidur

Amalan selanjutnya yang dilakukan Rasulullah SWA adalah membersihkan tempat tidur, dengan cara menyapu tempat tidur merupakan salah satu amalan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Sejak 1945 Inilah 16 Bupati di Kabupaten Musi Rawas, Urutan Terakhir Bupati Wanita Pertama

Beliau mencontohkan bahwa sebelum beristirahat di tempat tidur, kita harus membersihkan tempat tidur dengan menyapu atau mengibaskan kain (sarung) yang menutupi tempat tidur tersebut.

Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kotoran, debu, atau serangga yang mungkin ada di permukaan tempat tidur. Selain itu, amalan ini juga mengajarkan kita untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama saat beristirahat.

Berikut ini adalah beberapa dalil yang relevan, Hadits Riwayat Abu Dawud Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian ingin tidur, hendaklah ia menyapu tempat tidurnya dengan sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada di atas tempat tidurnya sebelum ia datang.”

BACA JUGA:Jual Koin Emas Kuno Rp500 Bergambar Melati Keluaran Tahun Ini Dapat Cuan Jutaan

Hadits Riwayat Muslim Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian ingin tidur, hendaklah kalian menyapu tempat tidur kalian dengan sarung kalian, karena kalian tidak mengetahui apa yang ada di atas tempat tidur kalian.”

3. Membaca Doa Sebelum Tidur

Amalan berikutnya yang biasa dilakukan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur adalah membaca doa.

BACA JUGA:Anti Mainstream! Ini 9 Tradisi Pemakaman Unik dan Sakral yang Hanya Ada di Indonesia

Dimana membaca doa sebelum tidur menjadi salah satu cara Nabi Muhammad SAW dalam mengingat Allah SWT dan menyatakan rasa syukur kepada-Nya.

Amalan ini juga bertujuan untuk memohon perlindungan dari berbagai macam gangguan yang mungkin terjadi saat tidur. Dengan demikian, kualitas tidur kita akan lebih terjaga, dan kita akan merasa lebih tenang saat beristirahat.

Berbagai dalil pendukung dapat ditemukan dalam Al-Qur’an dan Hadits yang menjelaskan pentingnya membaca doa sebelum tidur. Salah satu contohnya adalah Hadits dari Sahih Bukhari dan Sahih Muslim yang diriwayatkan oleh Al-Bara bin ‘Azib:

Dari Al-Bara bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

BACA JUGA:Kesempatan Kuliah di Luar Negeri! Ini Daftar Beasiswa Kuliah Gratis Juli 2023 yang Dibuka Pemerintah

“Jika kamu hendak tidur, hendaklah kamu berwudhu seperti wudhu ketika hendak shalat. Kemudian, berbaringlah pada sisi kananmu, lalu ucapkan doa: ‘Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, dan dengan-Mu aku menghadap. Dengan rahmat-Mu, aku berlindung dari azab kubur dan azab neraka, aku berlindung dari fitnah hidup dan mati, dan dari fitnah Dajjal, Ya Allah, aku berlindung dari dosa dan beratnya hutang, jangan Engkau tundukkan aku kepada manusia yang zalim.”

Ada beberapa amalan lainnya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur, tapi dalam konten kali ini kami hanya mengulas 3 amalan saja.

Pada konten berikutnya kami akan kembali membahas amalan-amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: