Honda

Mengenal Bispro dan 6 Kampus yang Menyediakan Jurusannya

Mengenal Bispro dan 6 Kampus yang Menyediakan Jurusannya

Jurusan Bispro memang masih asing, padahal prospek kerjanya besar. Berikut ini 8 kampus yang menyediakan jurusan Bispro-Sumber: Freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kamu kepengin kuliah tapi bingung waktu disuruh milih jurusan? Tenang, mungkin jurusan Bispro bakal jadi pilihan utama kamu, nih! Sebelumnya kita bahas dulu mengenai Bispro, ya.

Bispro itu apa, sih?

Bispro adalah jurusan bahasa Inggris yang dikhususkan untuk komunikasi bisnis dan profesional.

Mahasiswa jurusan Bispro akan memiliki kompetensi untuk berpikir analitis dan menguasai konsep komunikasi berbahasa Inggris di lingkungan bisnis dan profesi.

BACA JUGA:5 Kampus Swasta Bergengsi di Indonesia Punya Fasilitas KIP Kuliah, Kampus Kamu Termasuk?

Biasanya program studi Bispro hanya tersedia di jenjang terapan atau D4.

Adapun prospek kerja yang nggak kalah menjanjikan bagi lulusan Bispro, seperti profesi di bawah ini.

1. Content Writer

2. Penerjemah/Translator

BACA JUGA:Skor UTBK 400 dan 500 Bisakah Masuk PTN? Kampus Mana Saja? Simak Infonya di Sini

3. Public Relation Officer

4. Jurnalis

5. Pengusaha

6. Konsultan Bisnis

BACA JUGA:KEREN! Universitas Swasta Ini Termasuk 10 Deretan Kampus di Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja

Program studi yang terbilang masih baru ini ternyata masuk ke dalam Jurusan Administrasi Niaga (AN) dan pertama kali disediakan oleh salah satu kampus di Jakarta, yaitu Politeknik Negeri Jakarta.

Namun, sekarang telah banyak kampus yang membuka program studi ini.

Di Indonesia sendiri, sudah ada 8 kampus yang di dalamnya terdapat prodi Bispro. Kampus mana saja, ya?

1. UPN Veteran Jawa Timur

BACA JUGA:Ini 4 Kampus Termahal di Indonesia, Ada yang Per Semester Setara 1 Yamaha Aerox

Meskipun di UPN Veteran Jatim Bispro termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Tapi program studi ini juga ternyata pengembangan dari program studi Pendidikan Bahasa dan/atau Sastra Inggris.

Tujuan yang lebih spesifik dan merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat di lapangan, maka program studi ini dihadirkan.

Di UPN Veteran Jatim, D4 Bispro menekankan pada kurikulum yang memiliki bobot praktik yang lebih besar dibandingkan dengan program studi Sarjana S1.

BACA JUGA:Jangan Terlewat, 4 Kampus Unggulan Ini Masih Buka Jalur Mandiri dengan Nilai UTBK 2023

Sehingga memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman hands-on dan lulusan yang siap kerja.

2. Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) juga menyediakan program studi Bispro, lho!

Di Undiksha, Bispro menjadi jurusan yang mengedepankan pendidikan bahasa, program studi Bispro yang tersedia di Universitas Pendidikan Ganesha menjadi salah satu prodi yang berada di Fakultas Bahasa dan Seni.

BACA JUGA:12 Kampus di Indonesia Masuk Peringkat QS World University Rankings 2024, Unsri Butuh Kejutan?

Saat ini, Prodi Bispro di Undiksha sedang membuka sesi pendaftaran untuk jalur mandiri dengan metode seleksi yang menggunakan nilai UTBK 2023.

3. Politeknik Negeri Jakarta

Seperti di awal tadi, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah lebih dulu menyediakan program studi Bispro yang dirancang untuk mahasiswa yang ingin mendalami bahasa Inggris di bidang komunikasi bisanis dan profesi.

Nah, mahasiswa Bispro di PNJ ini diasuh oleh dosen-dosen berpengalaman baik akademisi maupun praktis yang juga merupakan dosen tetap rata-rata telah mengajar lebih dari 20 tahun.

BACA JUGA:Bukan University of Cambridge atau Harvard University, Ini Kampus Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2024

Sementara itu, dosen praktisinya adalah dosen yang berasal dari HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia), IACI, dan PT. Rimedia Inovasi Maju.

Bispro di PNJ juga telah menyediakan ruang-ruang kelas yang nyaman untuk belajar baik mata kuliah teori maupun praktik, yang dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran memadai seperti laboratorium komputer, software penerjemahan, jaringan internet dan ruangan audio-visual.

4. Politeknik Tonggak Equator

Politeknik Tonggak Equator (POLTEQ) merupakan politeknik swasta yang berada di Kalimantan Barat dan merupakan perguruan tinggi swasta yang bernaung di bawah Yayasan Tonggak Equator.

BACA JUGA:Cara Hitung Skor UTBK 2023 Untuk Daftar Masuk Kampus PTN di Indonesia , Awas Jangan Salah Hitung ya!

Penyelenggaraan pendidikan memulai politeknik ini pada Tahun Akademik 2002/2003 dengan berdasar pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 53/D/0/2002.

Politeknik Tonggak Equator merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi yang dalam penyelenggaraan pendidikannya lebih mengutamakan praktek daripada teori.

POLTEQ menjadi pendidikan tinggi profesional yang menekankan pada pembentukan kompetensi dalam menangani pekerjaan menurut praktek-praktek yang diakui dengan baik dalam bidang tertentu.

Saat ini POLTEQ menyediakan Prodi Bispro yang lulusannya memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan manajemen, bisnis mandiri dan komputer.

BACA JUGA:Tips Sukses Masuk PTN Jalur Mandiri, Kampus Bergengsi di Indonesia Masih Buka Pendaftaran

5. Politeknik Negeri Padang

Politeknik Negeri Padang (PNP) juga telah membuka program studi Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional atas perizinan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 1069/M/2020.

Di dalam prodi Bispro di PNP telah menyediakan dosen dan kurikulum dengan pertimbangan pada program serupa yang lebih dulu diselenggarakan oleh UGM dan Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Prodi D-4 Terapan Komunikasi Bisnis dan Profesional di Politeknik Negeri Padang telah ini melibatkan praktisi bisnis dari perbankan, perhotelan, dan perdagangan.

BACA JUGA:17 Urutan Universitas Terbaik di Sumsel Versi Unirank 2023, Urutan 2 Bukan UIN, Tapi Kampus Swasta Ini!

6. Politeknik Negeri Malang

Politeknik negeri yang berada di Malang (Polnema) ini juga telah menyediakan program studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi dan Profesional.

Di Polnema, program studi Bispro memiliki jenjang pendidikan D4 seperti kampus-kampus lain dengan berada di bawah program studi bidang tata niaga.

Nah itu tadi beberapa kampus yang menyediakan jurusan Bispro. Jadi, apakamu tertarik mendaftar di jurusan ini? (Rida Satriani/ Mahasiswa Jurnalistik UIN Raden Fatah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: