Honda

Besok, Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Palembang, Berikut Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Palembang

Besok, Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Palembang, Berikut Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Palembang

Jemaah Haji Kloter 1 akan tiba di debarkasi Palembang pada Kamis 6 Juli 2023 besok. -humas kemenag Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Jemaah haji kloter 1 akan tiba di Debarkasi Palembang pada hari Kamis besok, 6 Juli 2023.

Untuk itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang menggelar rapat koordinasi untuk membahas proses pemulangan jemaah haji  tahun 1444 H/2023 M yang berlangsung di Aula Asrama Haji Debarkasi Palembang, Selasa 4 Juli 2023. 

Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umroh selaku sekretaris PPIH Debarkasi Palembang, Armet menerangkan, bahwa jemaah haji kloter pertama akan pulang ke tanah air dan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada hari Kamis 6 Juli 2023 sekitar pukul 22:15 WIB.

Pertemuan yang diikuti oleh Kemenag, Pemprov Sumsel, Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Dinas Kesehatan, Kepolisian, TNI, Imigrasi dan Bea Cukai serta unsur lain yg terlibat tersebut membahas skenario proses pemulangan jemaah dari bandara, seremoni penyambutan, hingga pemulangan jemaah ke daerah masing-masing.

BACA JUGA:Menag Tambah 5 Liter Zamzam Jemaah, Begini Teknis Distribusinya

Sebelumnya saat proses Embarkasi, Palembang telah memberangkatkan sebanyak 24 kloter dengan rincian 3 Kloter Provinsi Bangka Belitung dan 21 Kloter asal provinsi Sumatera Selatan.

Alhamdulillah kita tinggal menunggu mereka kembali ke tanah air. Saya mohon seluruh pihak dapat bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Memang ini adalah tugas yang biasa kita lakukan tiap tahun, tapi jangan sepele. Yang namanya tugas apa pun itu harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab,” ujar Armet.

Terkait proses penjemputan jemaah oleh keluarga, Armet menghimbau agar proses penjemputan dilakukan di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh KBIH atau Kabupaten/Kota setempat. 

Kecuali jemaah lansia dan berkebutuhan khusus yang berdomisili di kota Palembang diperkenankan untuk dijemput di Asrama Haji.

BACA JUGA:PPIH Ingatkan Jemaah Haji untuk Tidak Memasukkan Air Zamzam ke Dalam Koper: Akan Dibongkar

Perlu diketahui distribusi air zamzam, kabar baiknya untuk tahun ini jemaah akan mendapatkan sebanyak 10 liter. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya dapat 5 liter.

Akan tetapi, berhubung pada saat MoU sebelumnya dengan pihak penerbangan Saudi Airlines itu jemaah mendapatkan sebanyak 5 liter, maka untuk beberapa kloter awal sementara akan diberikan dahulu 5 liter dan kekurangannya akan diantarkan ke kabupaten dan kota masing-masing. 

Sehingga tetap jemaah akan mendapatkan sebanyak 10 liter. Hal ini juga berlaku bagi jemaah haji yang wafat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: