Honda

3 Keunggulan Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

3 Keunggulan Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Keunggulan kampus swasta terbaik di Indonesia yang masuk peirngkat Webometrics 2023-Ilustrasi: Rida Satriani-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Beberapa kampus swasta terbaik di Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan internasional Webometrics 2023, di antaranya ada Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ketiga kampus itu rupanya tak sekadar memiliki nama besar karena diminati banyak pelajar, tetapi juga karena keunggulannya di berbagai bidang.

Lalu, apa sih keunggulan 3 kampus swasta terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar Webometrics 2023.

Mari kita simak!

BACA JUGA:4 PTN Terbaik di Indonesia Ini Peringkat Webometrics 2023 dan TOP QS WUR 2024, Coba Tebak Kampus Mana?

1. Universitas Telkom

Universitas Telkom atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tel-U ini berhasil menempati posisi peringkat ke-8 nasional dan peringkat ke-1347 dunia.

Selain karena peringkat yang didapatkan, Tel-U memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

a. Telkom memiliki kolaborasi dengan banyak pihak

BACA JUGA:5 Fakta Unik Sistem Parkir di Kampus UI, Universitas TOP QS WUR 2024

Tel-U telah menjalin program kerja sama dengan banyak pihak eksternal, baik dari lingkup nasional maupun internasional.

Dalam lingkup nasional, Tel-U menjalin menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan ternama seperti Citilink, Ericsson, Xin Networks, dan PT. Pos Indonesia.

Sementara itu, kampus ini juga bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di luar negeri seperti Curtin University, Fontys University of Applied Science, Seoul University, Kumamoto University, dan masih banyak lagi.

Sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dari berbagai kampus lain dan perusahaan yang berafiliasi.

BACA JUGA:Begini Penampakan Kantin di 5 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada Pusat Perbelanjaan

b. Universitas Telkom memiliki fasilitas yang lengkap

Universitas Telkom juga telah memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan para mahasiswanya.

Beberapa fasilitas yang disediakan mencakup bangunan kuliah yang nyaman dan baik, tempat belajar yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Lalu ada fasilitas olahraga untuk aktivitas mahasiswa, asrama bagi mahasiswa yang membutuhkan, serta perpustakaan Telkom dengan fasilitas dan bangunan yang menarik perhatian.

BACA JUGA:4 PTN Terbaik di Indonesia Ini Peringkat Webometrics 2023 dan TOP QS WUR 2024, Coba Tebak Kampus Mana?

Perpustakaan ini telah mendapatkan akreditasi A dari Perpusnas RI.

c. Reputasi yang sangat baik

Telkom University telah memenangkan banyak penghargaan di level nasional maupun internasional, meskipun saat itu masih muda dengan usia 3 tahun, Tel-U memperoleh nilai akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2006.

Telkom University juga termasuk dalam 88 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih nilai akreditasi A.

BACA JUGA:4 PTN dengan Biaya Termurah yang Masuk TOP QS WUR 2024, UI Termasuk?

Selain itu, kampus ini juga mendapatkan bintang 5 dari QS Rating untuk kategori program pengajaran, inovasi, employability, dan program pendidikan inklusif.

d. Memperoleh banyak prestasi

Universitas Telkom sudah banyak menghasilkan prestasi pada bidang akademik, seperti juara 1 konter robot Asia Pacific Broadcasting Union (ABU), juara 2 kontes robot sepak bola Indonesia, dan juara penghargaan pertawa di Huawei ICT Competition Southern Pacific Region 2018 – 2019.

e. Menyediakan banyak beasiswa

BACA JUGA:Ternyata, 2 Kampus Swasta Terbaik di Jogja Ini ada di Deretan TOP QS WUR 2024

Keunggulan Telkom University selanjutnya adalah memiliki banyak beasiswa yang tersedia di kampus ini.

Salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam dunia perkuliahan adalah masalah finansial.

Jika kamu memiliki masalah finansial, maka jangan khawatir karena Tel-U menyediakan banyak program beasiswa yang dapat diajukan, sehingga akan memudahkan proses kuliah.

2. Universitas Bina Nusantara

BACA JUGA:7 Keunggulan UGM, Kampus TOP QS WUR 2024

Universitas Bina Nusantara (Binus) telah masuk ke dalam daftar kampus swasta terbaik ke-10 dan kampus terbaik versi Webometrics 2023 pada peringkat ke-1572.

Adapun keunggulan Binus yang membuatnya bisa meraih predikat tersebut, yaitu:

a. Sistem pendidikan yang inovatif

Ternyata, Binus menawarkan sebuah program unggulan yang memiliki skema pendidikan yang berbeda dari universitas lainnya dan ditujukan bagi para mahasiswa.

BACA JUGA:Begini Penampakan Toilet di 5 kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada yang Mirip Hotel Bintang 5

Program ini disebut (2+1)+1 dan menunjukkan bahwa mahasiswa Binus harus belajar di kampus induknya selama dua tahun, kemudian satu tahun di kampus Binus lainnya, dan satu tahun lagi untuk menjalankan program enrichment.

b. Pernah melakukan kerja sama dengan Apple

Binus telah menjadi universitas yang pertama di Indonesia dan juga Asia Pasifik yang melakukan kerja sama dengan Apple Developer Academy.

Kerja sama tersebut memberikan kesempatan kepada seorang mahasiswa dari jurusan Ilmu Komputer untuk mengunjungi Apple World Wide Developers Conference (WWDC) di San Jose, Amerika Serikat.

BACA JUGA:10 Keunggulan Kampus UI yang Kini Peringkat 237 Dunia Versi QS WUR 2024

c. Miliki sistem penempatan kelas genap-ganjil

Binus memiliki keunikan dengan sistem penempatan kelas dan desain gedung yang sama di setiap lokasi.

Khususnya, kelas ganjil dan genap ditempatkan pada lokasi yang spesifik di setiap gedungnya, dengan kelas ganjil berada pada sisi kiri.

Sedangkan kelas genap pada sisi kanan dari lift. Namun, keunikan ini juga sering kali menyesatkan mahasiswa dan membuat mereka berujung masuk ke kelas yang salah.

BACA JUGA:Fakta Unik 3 Kampus Swasta di Indonesia yang Masuk TOP QS WUR 2024!

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah mendapat predikat kampus terbaik ke-18 nasional dan peringkat ke-1974 versi Webometrics 2023.

Keunggulan UMY adalah sebagai berikut.

a. Akreditasi dan kualitas yang baik

BACA JUGA:Intip 7 Fasilitas Kampus Terbaik Indonesia Masuk QS WUR 2024, Ada Pulau Pribadi?

UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) telah mendapatkan akreditasi "A" dari BAN-PT hingga tahun 2022.

Lalu, UMY juga dianugerahi penghargaan QS Star dengan nilai rata-rata 5 bintang, dinobatkan sebagai PTS terbaik di Yogyakarta dan Jawa Tengah, dan masuk dalam 4 besar perguruan tinggi swasta di Indonesia, serta pernah berhasil meraih posisi ke-4 sebagai Top Islamic University in the World 2021.

b. Miliki Program Internasional

Perguruan tinggi Muhammadiyah Yogyakarta termasuk universitas yang memiliki kelas internasional dan menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan beberapa universitas di Asia, di antaranya Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, China, dan negara-negara Asia lainnya.

BACA JUGA:8 Jurusan Langka di Kampus Terbaik Indonesia, No 2 dan 3 Masuk QS WUR 2024

c. Perpustakaan yang lengkap dan memadai

Dengan visi untuk menjadi perpustakaan unggulan di lingkungan Perguruan Tinggi yang melayani informasi mengenai Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi.

Kemudian perpustakaan UMY berhasil meraih peringkat ke-6 dari SINTA Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) dalam laporan yang diterbitkan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah pada bulan September 2022.

Fasilitas yang tersedia di perpustakaan UMY cukup lengkap, terdiri dari ruang multimedia, ruang baca yang nyaman, serta direktori pencarian yang mudah.

BACA JUGA:4 Negara Paling Nyaman Buat Pelajar Indonesia, Tertarik?

Selain itu, layanan cek Turnitin dan sebuah musala juga tersedia.

Untuk meningkatkan literasi informasi dan keterampilan akademik, perpustakaan sering menyelenggarakan pelatihan tentang berbagai topik, seperti Mendeley, Microsoft Word, dan Blogging.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: