Honda

Intip Kemegahan Perpustakaan 2 Kampus Terbaik Indonesia TOP Webometrics 2023, No 1 Mirip Mall

Intip Kemegahan Perpustakaan 2 Kampus Terbaik  Indonesia TOP Webometrics 2023, No 1 Mirip Mall

Intip Kemegahan Perpustakaan 2 Kampus Terbaik Indonesia TOP Webometrics 2023, No 1 Mirip Mall-Ilustrasi: Rida Satriani-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Perpustakaan menjadi salah satu hal yang sangat penting di setiap kampus. Namun, ternyata di Indonesia ada dua kampus terbaik di Indonesia TOP Webometrics 2023 yang memiliki perpustakaan yang megah.

Apa saja kedua kampus itu dan bagaimana fasilitas di dalamnya yang terbilang megah?

Berikut ulasannya yang bersumber dari berbagai media.

1. ‘The Crystal of Knowledge’, Perpustakaan Universitas Indonesia

BACA JUGA:3 PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Apa Keunggulannya? Simak!

Dalam ranking dunia versi Webometrics 2023, Universitas (UI) mendapat peringkat ke-583 dan yang teratas untuk universitas terbaik di Indonesia.

Namun, tahukah kamu, selain memiliki nama dengan reputasi baik, ternyata UI memiliki perpustakaan yang unik.

Perpustakaan itu diberi nama The Crystal of Knowledge yang berarti Kristalnya Pengetahuan.

Gedung perpustakaan pusat UI merupakan bangunan megah yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan keseluruhan sebesar 33.000 meter persegi.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Sistem Parkir di Kampus UI, Universitas TOP QS WUR 2024

Gedung ini diresmikan pada 13 Mei 2011

Perpustakaan UI diketahui memiliki daya tampung yang cukup besar, yaitu dapat menampung hingga 10.000 pengunjung pada saat yang bersamaan dan mampu menampung hingga 20.000 pengunjung per hari.

Dalam pembangunannya, perpustakaan ini memerlukan biaya sebesar 175 miliar rupiah, dengan 123 miliar berasal dari pemerintah dan sisanya dari swasta.

Untuk sistem pendinginannya, perpustakaan pusat UI menggunakan water cooled chiller yang memiliki sifat ramah lingkungan dan anti ozon.

BACA JUGA:Begini Penampakan Kantin di 5 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada Pusat Perbelanjaan

Bangunan perpustakaan ini menjadi gedung perpustakaan yang unik di dunia yang memiliki konsep sustainable building ramah lingkungan.

Dalam memenuhi kebutuhan energinya, gedung perpustakaan ini menggunakan sumber energi terbarukan melalui energi panel solar.

Membuat pengunjung seperti berada di mall, perpustakaan UI memiliki 7 lantai yang dilengkapi dengan fasilitas ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, toko buku, taman, bank, restoran, hingga kedai Starbucks.

Ditambah lagi, bangunannya dirancang bebas asap rokok untuk kenyamanan pengunjung dan hemat dalam penggunaan listrik, air, dan kertas.

BACA JUGA:4 PTN Terbaik di Indonesia Ini Peringkat Webometrics 2023 dan TOP QS WUR 2024, Coba Tebak Kampus Mana?

Selain berfungsi sebagai ruang penyimpanan koleksi enam juta buku, manuskrip langka, bahan penelitian serta buku referensi yang stabil di dalam suhu ruangan serta terjaga dari paparan langsung sinar matahari.

Mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri menjadi calon doktor juga disediakan tempat penyewaan cubicle untuk belajar lebih konsentrasi dan nyaman.

Sejak awal dibangun, perpustakaan ini memang didesain dengan konsep multifungsi dan mampu mengikuti tuntutan zaman.

Oleh karena itu, ada berbagai fasilitas yang dihadirkan oleh pengurus perpustakaan seperti ruang teater, gold’s gym, dan kebun apel.

BACA JUGA:4 PTN dengan Biaya Termurah yang Masuk TOP QS WUR 2024, UI Termasuk?

Jadi, selain sebagai pusat ilmu pengetahuan, juga sekaligus pusat kegiatan nonakademik bagi mahasiswa.

2. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga masuk ke dalam daftar kampus terbaik di dunia versi Webometrics 2023 dengan peringkat ke-1543.

Selain itu, ITB ternyata memiliki perpustakaan yang cukup megah dan unik, lho!

BACA JUGA:10 Kampus Terbaik di Asia Versi QS World University Rankings 2024, Indonesia Peringkat Berapa?

Perpustakaan ITB berdiri pada pertengahan tahun 1987, Gedung ini merupakan tahap pertama dari rencana pembangunan total dengan luas mencapai 16.000 meter persegi.

Prestasi Perpustakaan ITB terjadi pada tahun 1982 ketika dipilih sebagai Perpustakaan Perguruan Tinggi Terbaik seluruh Indonesia oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Oleh karena itu, Perpustakaan ITB secara resmi dikenal sebagai Unit Pelaksana Teknis/UPT Perpustakaan ITB dan ditunjuk sebagai Pusat Layanan Disiplin Ilmu (PUSYANDI) untuk bidang rekayasa.

Lalu, perpustakaan ITB memiliki wajah baru di tahun 2013. Setiap lantainya telah diperbarui dengan berbagai fasilitas yang berbeda.

BACA JUGA:7 Keunggulan UGM, Kampus TOP QS WUR 2024

Pada lantai satu, terdapat tempat penitipan barang, bookstore dari percetakan resmi ITB, ruang tamu, ruang pengelola, ruang rapat, ruang peminjaman buku, Cyberlib, American Corner, dan Ruang Serbaguna yang terdiri atas Sampoerna Corner dan Indonesian Corner.

Pelayanan tempat penitipan barang juga telah diperbarui, dimana mahasiswa sekarang diberi kunci dan disediakan loker untuk menaruh barang yang perlu dititipkan.

Kemudian di lantai dua, perpustakaan ini menyediakan ruang baca, ruang seminar, ruang katalog, ruang server, dan ruang informasi dan pelayanan.

Sedangkan lantai tiga berisi ruang baca, ruang majalah, ruang fotokopi, ruang informasi dan pelayanan, dan gudang peralatan.

BACA JUGA:Ternyata, 2 Kampus Swasta Terbaik di Jogja Ini ada di Deretan TOP QS WUR 2024

Di lantai empat, ada juga fasilitas yang tersedia meliputi ruang baca koleksi umum, ruang baca koleksi khusus, dan ruang Audio Visual.

Ruang Audio Visual ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menonton berbagai video yang berkaitan dengan ITB, seperti video profil, seremonial, kuliah tahun 80-an, kegiatan mahasiswa, pidato ilmiah, dan Stadium Genarale.

Wah, megah banget ya perpustakaan yang ada di kedua kampus ini. Kamu tertarik berkunjung ke salah satu atau kedua perpustakaan itu?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: