Honda

Hanya 3,5 Jam dari Jakarta, Anda Dapat Menikmati Keindahan Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar Sempurna

Hanya 3,5 Jam dari Jakarta, Anda Dapat Menikmati Keindahan Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar Sempurna

--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM - Anda sudah pernah melihat langsung ke indahan Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna atau sebelum mekar? Nah inilah kesempatan yang tepat bagi anda untuk melihat bunga legendaris yang ditemukan oleh Sir Stamford Raffles dan Dr Josep Arnold saat melakukan ekspedisi di wilayah Provinsi Bengkulu pada tahun 1818.   

Segera kemas barang dan nikmati akhir pekan anda bersama keluarga atau sahabat untuk melihat bentuk sempurna Bunga Rafflesia Arnoldi. 

Ya, saat ini Bunga Rafflesia Arnoldi terlihat sedang mekar sempurna di wilayah Taman Nasional Kerenci Sebelat (TNKS), persisnya di Kabupaten Kepahyang, Provinsi Bengkulu.

Dari Jakarta menuju lokasi Bunga Rafflesia Mekar hanya membutuhkan waktu sekitar  3,5 jam perjalanan darat dan udara.   

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi! Muhammad bin Maslamah, Salah Satu Paspampres-nya Rasulullah SAW

Dimana perjalanan anda dimulai dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Silampari di Kota Lubuklinggau, dengan lama penerbangan sekitar 1 jam, kemudian dilanjutkan perjalanan darat menggunakan mobil sekitar 2,5 jam perjalanan, dan anda sudah sampai di lokasi Bunga Rafflesia Mekar Sempurna.

Untuk pulang Kembali ke Jakarta anda tidak perlu khawatir, karena menurut informasi resmi dari Kantor Unit penyelenggara Bandar Udara Silampari di Kota Lubuklinggau layanan penerbangan dari Jakarta-Lubuklinggau mulai hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu.

Dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta menuju Lubuklinggau pukul 12.20-13.40 WIB dan dari Lubuklinggau ke Jakarta pukul 14.20-15.35 WIB.  

Menurut informasi, anda dapat melihat Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna dan belum mekar berada di daerah pengunungan yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepahyang, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Daerah Ini Memiliki Biaya Hidup Termahal di Sumatera Selatan, Padahal Bukan Kota, Tapi...     

“Sekarang banyak Bunga Rafflesia Arnoldi sedang mekar di gunung, saya tadi melihat ada satu bunga yang mekar sempurna dan 3 yang belum mekar,” kata Dwi Kurniati, warga Kayu Ara, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dia menuturkan, untuk mendapatkan lokasi Bunga Rafflesia sedang mekar sempurna di daerah pengunungan tidak begitu sulit, karena masyarakat sekitar sengaja memasang semacam papan pengumuman yang menadakan di lokasi itu ada Bunga Rafflesia Arnoldi sedang mekar. 

“Nanti motor atau mobil kita stop saja disitu, nanti ada penduduk setempat yang jadi pemandu jalan menuju lokasi Bunga Rafflesia mekar, tapi kita memberikan sekadar uang rokok atau uang lelah kepada pemandu tadi,” jelasnya.

Ibu satu anak ini mengaku beruntung dapat melihat langsung Bunga Rafflesia mekar sempurna dan belum mekar, sebab selama ini dia hanya melihat gambarnya saja dari laman pencarian di google. 

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata di Bengkulu, No 3 dan 4 Penuh Sejarah dan Misteri!

“Ternyata Bunga Rafflesia Arnoldi indah dan besar sekali kalau sedang mekar, tapi bunga yang belum mekar persis seperti buah kol berwarna orange,” ceritanya. 

Tidak mau kehilangan momen tersebut, Dwi dan keluarganya langsung mengabadikan Bunga Rafflesia Arnoldi menggunakan handphonenya.

“Saya lihat ada satu Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna dan 3 belu mekar, saya langsung ambil video dan foto selfie untuk kenang-kenangan,” katanya. 

Sebagai informasi bagi anda yang kami lansir dari plat form media online, Bunga Rafflesia Arnoldi sangat unik, karena tidak memiliki akar, dahan, ranting, batang dan daun. 

BACA JUGA:7 Cara Mengatur Waktu agar Pekerjaan Tuntas, Nomor 4 Perlu Diatasi, Guys

Bunga Rafflesia Arnoldi hanya memiliki jaringan yang berfungsi mirip seperti akar, dan biasanya tumbuh dan bergantung pada inang pada jaringan tumbuhan merambat.  

Adapun ciri khas Bunga Rafflesia adalah mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi, dan bagian tengah bunga terdapat seperti piringan duri yang berisi benang sari atau putik. 

Pada saat mekar, Bunga Rafflesia Arnoldi memiliki diameter mencapai 70–110 sentimeter, dengan tinggi mencapai 50 sentimeter dan bobot sekitar 11 kilogram, dan bunga ini menghisap unsur organik dan anorganik dari tanaman inang.

Biasanya Bunga Rafflesia Arnoldi bertahan mekar sempurna sekitar 6 sampai 7 hari, setelah itu layu dan mati.

BACA JUGA:Tina Toon Ternyata Sudah Langsungkan Pernikahan, Ungkap Alasan Baru Speak Up ke Publik

Ayo tunggu apalagi, segera kemas barang bawaan anda dan pergi melihat Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna, sebelum layu dan mati. (frs) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: