Honda

Presiden Jokowi Sempat Berhenti Melihat Bunga Rafflesia Arnoldi

Presiden Jokowi Sempat Berhenti Melihat Bunga Rafflesia Arnoldi

Presiden Jokowi menyempatkan melihat Bunga Rafflesia Arnoldi--

BENGKULU, PALPRES.COM- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) usai meresmikan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung, sempat berhenti di Kabupaten Kepahiang untuk melihat Bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar sempurna, Kamis, 20 Juli 2023.o

Momen Presiden Jokowi melihat bunga Rafflesia Arnoldi dibagikan oleh akun istagram Bengkulu Info.

Dari foto tersebut nampak Presiden Jokowi yang memakai baju putih celana hitam ditemani oleh beberapa orang melihat Bunga Rafflesia Arnoldi.

"Dalam perjalanan kunjungan ke Kabupaten Kepahiang, Pak Jokowi menyempatkan melihat Bunga Rafflesia secara langsung," tulis keterangan dalam unggahan foto tersebut.

BACA JUGA:Resmikan Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Presiden Jokowi Optimis Pacu Hal Ini

Sontak unggahan itu langsung disukai dan di komentari oleh ribuan orang.

"Terimakasih sudah berkunjung ke habitat Rafflesia di Bengkulu Pak," tulis akun KPPL Bengkulu. 

Diberitakan sebelumnya, menurut informasi, Bunga Rafflesia Arnoldi saat ini sedang mekar sempurna di daerah pengunungan yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Untuk mendapatkan lokasi Bunga Rafflesia sedang mekar sempurna di daerah pengunungan tidak begitu sulit, karena masyarakat sekitar sengaja memasang semacam papan pengumuman yang menandakan di lokasi itu ada Bunga Rafflesia Arnoldi sedang mekar. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Sepanjang 16,7 Kilometer

Bunga Rafflesia Arnoldi hanya memiliki jaringan yang berfungsi mirip seperti akar, dan biasanya tumbuh dan bergantung pada inang pada jaringan tumbuhan merambat.  

Adapun ciri khas Bunga Rafflesia adalah mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi, dan bagian tengah bunga terdapat seperti piringan duri yang berisi benang sari atau putik. 

Pada saat mekar, Bunga Rafflesia Arnoldi memiliki diameter mencapai 70–110 sentimeter, dengan tinggi mencapai 50 sentimeter dan bobot sekitar 11 kilogram, dan bunga ini menghisap unsur organik dan anorganik dari tanaman inang.

Biasanya Bunga Rafflesia Arnoldi bertahan mekar sempurna sekitar 6 sampai 7 hari, setelah itu layu dan mati. (frs) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: