Honda

7 Anak Nabi Muhammad SAW, 3 Laki-laki dan 4 Perempuan

7 Anak Nabi Muhammad SAW, 3 Laki-laki dan 4 Perempuan

7 Anak Nabi Muhammad SAW--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Sebagai Umat Islam, kita wajib mengetahui mengenai sejarah kepribadian dan perjuangan Nabi Muhammad SWA yang merupakan teladan terbaik bagi setiap manusia.

Dalam perjalanan hidup, Nabi Muhammad SAW  bertemu dan menikah dengan beberapa perempuan yang juga memiliki anak-anak dari mereka.

Nabi Muhammad SAW dianugerahkan Allah SWT sebanyak 7 orang anak, terdiri dari 3 orang laki- laki dan 4 orang perempuan.

Anak-anak tersebut memiliki nama terbaik yang telah dipilihkan oleh Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Ga Nyangka! Ternyata Ini 8 Manfaat Alpukat Bagi Tubuh, Bikin Kamu Makin Sehat

Semua anak-anak yang dianugerahkan Allah tersebut lahir dari rahim istri pertama beliau, yakni Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu anha.

Keutamaan Khadijah salah satunya memang melahirkan semua keturunan nabi Muhammad, kecuali satu orang anak saja yang lahir dari istri yang lain yang bernama Mariah Al-qibthiyah.

Dalam perjalanan dari waktu ke waktu, semua anak laki-laki Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ternyata diambil oleh Allah SAW hingga meninggal dunia ketika usia mereka masih kecil.

Beda halnya dengan putri-putri Nabi Muhammad SAW yang berumur panjang, hingga dewasa tentu tumbuh besar serta melaksanakan pernikahan.

BACA JUGA:Ada Bansos Rp6.000.000 untuk 10 Ribu KPM, Ini Syarat Mendapatkannya

Anak perempuan Nabi Muhammad yang bernama Fatimah Az-Zahra yang menikah dengan Ali bin Abi Tholib pun memiliki keturunan bernama Hasan bin Ali dan Husein bin Ali dan garis keturunannya terus berlanjut hingga kini.

Berikut adalah putra-putri Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagaimana dilansir dari beberapa sumber.

1. Qosim 

Qosim adalah anak sulung dari Nabi Muhammad SAW dan Siti Khodijah, namanya memiliki arti memberi imbalan, namun sayangnya ia tidak memiliki umur panjang dan wafat saat berusia dua tahun serta dimakamkan di Jannatul mualla Mekah.

BACA JUGA:Wajib Coba! 14 Rekomendasi Kuliner Khas Korea Selatan, Neomu Masisseo

 2 Abdullah

Sebagai anak kedua dari Nabi Muhammad SAW dan Siti Khodijah Abdullah pun tidak memiliki umur yang panjang, Ia mempunyai julukan yaitu attoyib at-thohir yang baik dan yang suci, Abdulla wafat ditahun 615 masehi.

3. Zainab 

Zainab adalah Putri tertua dari Nabi Muhammad SAW dan istrinya Siti Khodijah.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi, Ada Kampus TOP QS WUR 2024

Zainab pernah menikahi laki-laki yang belum menjadi pemeluk agama Islam bernama Abdul Azhar Robby dan mempunyai dua anak laki-laki bernama Ali dan Umayah.

Hingga akhirnya suaminya memeluk agama Islam dan Zainab menikah dengan kedua kalinya secara Islam. 

4. Ruqayah 

Tujuh tahun sebelum diutus sebagai nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Ruqayah pun lahir.

BACA JUGA:Bank Mandiri Salurkan Bantuan Pendidikan Kemenag dan Kemendikbudristek kepada 1,5 Juta Penerima

Ia menikah dengan Utsman bin Affan dan memiliki seorang anak bernama Abdullah, tetapi sebelum menikah dengan Usman Ruqayah pernah disunting oleh seorang pemuda bernama khutbah putra dari Abdullah bin Abdul Muththalib.

Kabar meninggalnya Ruqayah tepat pada hari Perang Badar terjadi atau bersamaan dengan kabar kemenangan kaum muslimin kala itu.

5. Ummu Kultsum

Ummu Kultsum lahir tepat enam tahun sebelum diutus kenabian sebagai nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Pemda dan DPRD OKI Sepakati 7 Raperda Dibahas Lebih Lanjut

Dia pernah menikah dengan seorang pria, tapi pernikahan itu tidak berlangsung lama, hingga pada suatu ketika Ruqayah meninggal dunia dan suaminya Utsman bin Affan menikahi Umi Kulsum pada bulan Rabiul Awal.

Mereka hidup bersama tanpa seorang pun anak sampai Umi Kulsum meninggal dunia pada bulan Sya'ban.

6. Fatimah

Fatimah atau yang lebih dikenal dengan Fatimah Az-Zahra merupakan anak Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dari Siti Khodijah yang paling dikenal karena kebaikan dan sifat mulianya.

BACA JUGA:7 Adab Berbicara yang Baik dalam Islam, Nomor 5 Jangan terjadi Ya

Namanya pun memiliki arti Fatimah yang selalu berseri, Fatimah dilahirkan di Mekkah lima tahun sebelum Muhammad menerima wahyu pertama sebagai tanda kenabiannya.

Fatimah pernah menikah dengan sepupunya Ali Bin Abi Tholib yang merupakan putra dari Abu Tholib dan dikaruniai dua orang anak bernama Hasan dan Husein, Ia pun wafat pada tiga Ramadhan tahun 11 Hijriah 

7. Ibrahim 

Ibrahim merupakan anak bungsu dari Muhammad SAW dengan istrinya Mariah Al-qibthiyah.

BACA JUGA: 4 Kabupaten di Indonesia dengan Penduduk Paling Sedikit, Sudah Bisa Ditebak Jawaranya Tanah Papua

Cinta kasih Nabi Muhammad SAW kian mendalam bukan maksud disiapkan menjadi penggantinya setelah kehilangan kedua putranya Kosim dan Abdullah. 

Bahkan Rasulullah tidak memikirkan anak atau siapapun yang mewarisinya namun Ibrahim pun hidup tak berlangsung lama, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tampak sedih atas kematian putranya tersebut.

Beliau pun bersabda Ibrahim kami tidak dapat menolong mu dari kehendak Allah SAW, kaum muslimin pun banyak yang turut berduka cita atas meninggalnya Ibrahim.

Nabi Muhammad SAW bersabda: aku tidak melarang orang berduka cita, tapi yang kurang menangis dengan suara keras, apa yang kamu lihat dalam diriku sekarang adalah pengaruh cinta kasih di dalam hatiku, orang yang tidak menunjukkan kasih sayang maka orang lain pun tidak akan menunjukkan kasih sayang kepadanya.

BACA JUGA:Segera Migrasi ke Siaran Digital, Muba TV Lakukan Hal Ini

Sahabat yang beriman demikianlah sepenggal kisah dari tujuh putra-putri Rasulullah SAW dan semoga menjadikan kita lebih mencintai Nabi Muhammad SAW, Waulohu 'Alam. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: