Honda

Selain Jakarta, Ternyata Inilah 6 Kota Rantauan yang Paling Menjanjikan di Indonesia, Ada Kotamu?

Selain Jakarta, Ternyata Inilah 6 Kota Rantauan yang Paling Menjanjikan di Indonesia, Ada Kotamu?

Selain Jakarta, Ternyata Inilah 6 Kota Rantauan yang Paling Menjanjikan di Indonesia, Ada Kotamu?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Indonesia memiliki banyak kota rantauan untuk menjadi tujuan hidup.

Apalagi di zaman modern ini, banyak alasan yang membuat orang harus merantau seperti pendidikan, pekerjaan, usaha, atau kesejahteraan keluarga.

Umumnya, Jakarta mungkin sudah lazim dijadikan kota tujuan merantau. Namun, ternyata ada kota lain di Indonesia yang memiliki banyak sekali jumlah penduduk rantauan.

Apa saja kota-kota itu?

BACA JUGA:Ustad Adi Hidayat Berikan Adab Berdoa Agar Doa Cepat Terkabul, Begini Caranya!

Berikut rekomendasi beserta ulasan singkat kenapa kota-kota tersebut menjadi tempat yang dipilih untuk merantau.

1. Balikpapan

Balikpapan cocok dijadikan tempat rantauan karena memiliki peraturan daerah yang menetapkan 52% kawasan hijau dan 48% pembangunan.

Selain itu, di Balikpapan juga memiliki kemacetan tetapi pengendara di sana jauh lebih “ramah” sehingga mendapatkan penghargaan 18 kali dari Wahana Tata Nugraha karena lalu lintasnya yang tertib.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024

Bahkan, Balikpapan mendapat predikat Kota Paling Dicintai Dunia 2015 setelah melalui program We Love Cities dari World Wide Fund atas kesuksesan pengelolaan lingkungan sebagai pembangunan berkelanjutan dengan mengalahkan pesaing terberanya yaitu Paris.

Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) telah menyebutkan kota dengan indeks kenyamanan tertinggi diraih oleh Balikpapan dengan nilai 71,12 dalam skala 0-80.

Balikpapan berhasil unggul dari 27 aspek yang dievaluasi, termasuk ketersediaan dan kualitas fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, air bersih.

Kemudian listrik, lapangan kerja, infrastruktur, telekomunikasi, interaksi sosial masyarakat, informasi pelayanan publik, akses ke tempat kerja, tingkat kriminalitas, serta fasilitas untuk masyarakat difabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: