Honda

Sisa 4 Kloter Lagi, Debarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 20

Sisa 4 Kloter Lagi, Debarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 20

Sebanyak 358 jemaah haji Kloter 20 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air, Minggu (30/7) siang.-humas kemenag Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 358 jemaah haji Kloter 20 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air, Minggu (30/7) siang.

Total jemaah haji Debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air hingga hari ini berjumlah 7.145 jemaah dari 8.505 jemaah yang berangkat.  

Ketua Kloter 20 Hj Mai Tiza Husna dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci lalu, jemaah kloter 20 berjumlah 359 orang.

Namun satu jemaah atas nama Idun Rohim Zen terpisah dengan rombongan usai menjalani prosesi wukuf dan hingga saat ini belum ditemukan keberadaannya.

BACA JUGA:Askolani Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 18, Sampaikan Pesan Ini

Dengan demikian jumlah jemaah kloter 20 yang kembali ke Tanah Air 358 orang. 

“Kami terpisah dengan Bapak Idun pada 27 Juni 2023 atau bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1444 H. Saat itu beliau izin ke toilet. Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menemukan keberadaan beliau, namun hingga kini belum ditemukan. Pencarian terhadap Bapak Idun Rohim masih terus dilakukan. PPIH Arab Saudi khususnya bidang perlindungan jemaah (Linjam) bekerjasama dengan otoritas Arab Saudi terus berupaya menemukan Bapak Idun Rohim. Mudah-mudahan beliau dapat ditemukan,” ujar Mai Tiza. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menjelaskan, Debarkasi Palembang hingga hari ini telah menerima kedatangan 7.145 jemaah dengan rincian Sumsel 5.985 jemaah, Babel 1.061 jemaah, dan 99 petugas kloter.

Adapun jemaah yang meninggal 37 orang dengan rincian 32 jemaah meninggal di Arab Saudi, satu jemaah di embarkasi, dan empat jemaah di debarkasi. 

BACA JUGA:Debarkasi Palembang Terima Kedatangan 356 Jemaah Haji Kloter 16

“Tahun ini embarkasi Palembang memberangkatkan 8.505 jemaah. Sebanyak 7.145 sudah kembali ke Tanah Air dan 32 meninggal di Arab Saudi. Jadi, total jemaah Embarkasi/Debarkasi Palembang yang masih berada di Tanah Suci berjumlah 1.328, yang tergabung dalam empat kloter. Terakhir, Debarkasi Palembang akan menerima kedatangan jemaah pada tanggal 2 Agustus,” jelas Armet. 

Kedatangan kloter 20 disambut di Aula Asrama Haji Sumsel.

Hadir dalam acara penyambutan Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel H. Abdul Hamid, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Armet Dachil, Kepala Bidang Penais H. Kholil Azmi, Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Efriansyah, Kabag Agama Pemprov Sumsel H. Sunarto, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar Pohan, dan unsur PPIH Debarkasi Palembang. 

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada jemaah kloter 20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: