Honda

4 Doa Penenang Hati dan Pikiran, Yuk Dihafalkan!

4 Doa Penenang Hati dan Pikiran, Yuk Dihafalkan!

4 doa untuk penenang hati dan pikiran--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Berbagai masalah terkadang datang silihi berganti menguji iman dan kesabaran seorang muslim dan muslimah, kita dituntut untuk selalu bertawakal serta berserah diri kepada Allah SWT.

Namun tak jarang berbagai masalah yang datang membuat pikiran tidak tenang dan hati menjadi gundah gulana, dan biasany setiap orang punya cara sendiri untuk mengatasi kegalauan. Minum kopi atau mengonsumsi makanan manis bisa menjadi cara yang digunakan sebagian orang untuk mengatasi kegelisahan hatinya.

Dalam Islam, ketika seseorang galau dianjurkan untuk sholat atau membaca Al Quran, ada pula doa-doa yang dibaca untuk menenangkan hati dan pikiran.

Doa penenang hati dan pikiran ini bisa kamu amalkan ketika kamu merasa sedang galau. Karena galau bisa muncul setiap saat karena beban kerja, masalah keluarga, atau masalah lainnya.

BACA JUGA:KODE KERAS! Ada Pemain Top Eropa Bakal Dinaturalisasi Timnas

Mari simak doa penenang hati dan pikiran berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber media online:

1. Doa ini bisa membantu menenangkan hatimu dikala gundah, saat tidak ada orang yang mampu menenangkan hatimu, bacalah doa-doa penenang hari dan pikiran di bawah ini.

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

BACA JUGA:Bawa Viking FK Raih Kemenangan, Shayne Pattynama Puji Dukungan Suporter

2. Doa penenang hati dan pikiran juga bisa diambil dari ayat Al Quran Surat Thaha ayat 25-28, doa ini juga pernah diamalkan oleh Nabi Musa AS ketika beliau menghadapi Raja Fir'aun.

Berikut bacaan doa penenang hati dan pikiran yang kedua:

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul 'uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkan lidahku supaya mereka faham ucapanku.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Imran bin Hushain Tidak Perlu Mengeluh Diberikan Cobaan Sakit Selama 30 Tahun

3. Bacaan doa penenang hati dan pikiran lainnya masih banyak, kali ini ada sebuah doa penenang hati dan pikiran yang diambil dari Al Quran Surat Al Baqarah ayat 250, doa penenang hati dan pikiran ini diamalkan oleh para tentara Talut ketika melawan tentara Jalut.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

4. Doa penenang hati dan pikiran ini menjadi pilihan yang bagus untuk dibaca ketika kamu sedang sedih, galau, dan stres karena suatu masalah.

BACA JUGA:Berikut Nama-nama Peraih Beasiswa Penuh dari Pertamina Hulu Rokan untuk Daerah Ini

Doa ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah. " Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan Ketetapan Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.'"

Dari hadis tersebut, terdapat doa penenang hati dan pikiran, yaitu:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:  Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan Ketetapan Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: