Honda

Masuk dalam Daftar QS Best Student Cities 2024, Ini Alasan Yogyakarta Dijuluki Kota Pelajar

Masuk dalam Daftar QS Best Student Cities 2024, Ini Alasan Yogyakarta Dijuluki Kota Pelajar

Masuk dalam Daftar QS Best Student Cities 2024, Ini Alasan Yogyakarta Dijuluki Kota Pelajar--sumber: Teras Malioboro

PALEMBANG, PALPRES.COM — Dalam lembaga pemeringkatan internasional QS Best Student Cities 2024, Yogyakarta menjadi juara ke-2 sebagai kota pelajar terbaik di Indonesia dengan menduduki posisi ke-126.

Seperti yang kita ketahui, Yogyakarta merupakan kota dengan berbagai julukan yang menggambarkan suasana di kota tersebut.

Salah satu julukannya, yaitu Kota Pelajar atau Kota Pendidikan.

Di zaman sebelum dan sesudah kemerdekaan, Yogyakarta turut menjadi lokasi beberapa peristiwa penting di dalam sejarah yang melahirkan tokoh-tokoh hebat bagi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:10 Kota Pelajar Terbaik dan Paling Ramah di Asia Versi QS Best Student Cities 2024

Salah satunya, ada Kongres Wanita Indonesia yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928.

Dengan peristiwa itu, makanya setiap tanggal 25 Desember dikenang sebagai Hari Ibu yang menjadi pengingat kongres tersebut.

Sementara itu, ada peristiwa yang berlangsung setelah masa kemerdekaan, Yogyakarta berubah menjadi pusat perjuangan, pendidikan, hingga kebudayaan.

Bahkan, kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia di tahun 1946 yang menyusul kekacauan dari tentara Belanda yang ingin berkuasa kembali di Tanah Air.

BACA JUGA:4 Kota Pelajar Terbaik Versi QS Best Student Cities 2024, Ternyata No 1 Bukan Yogyakarta, Tapi..

Lalu, julukan Kota Pelajar ini dikarenakan banyaknya institusi pendidikan yang didirikan di Yogyakarta yang dengan otomatis menarik para pelajar dari daerah lain berminat menuntut ilmu di sana.

Namun, ternyata belum ada alasan pasti yang mengungkap asal muasal Yogyakarta dijuliki dengan Kota Pelajar atau Kota Pendidikan.

Hal tersebut juga menimbulkan citra bagi Yogyakarta sebagai Kota Pelajar yang dipengaruhi oleh tanda-tanda kependidikan yang ada di kota tersebut.

Untuk melihatnya secara langsung, bisa kita lihat dari banyaknya pusat pendidikan yang ada di Yogyakarta dengan lengkapnya fasilitas pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: