Honda

Terpanjang di Trans Jawa, Jembatan Tol Ini Membentang di Sepanjang 879 Meter, Lokasinya Disini

Terpanjang di Trans Jawa, Jembatan Tol Ini Membentang di Sepanjang 879 Meter, Lokasinya Disini

Jembatan tol terpanjang di Trans Jawa-Kementerian PUPR-

PALPRES.COM - Saat melintasi jalan tol, sering kali pengendara melalui jembatan yang membentang menghubungkan wilayah perairan.

Jalan Tol Trans Jawa yang berlokasi di ujung barat yakni Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Provinsi Jawa Timur sebagai ujung timur.

Lokasinya di tol Semarang - Solo, tepatnya di kilometer 440, terdapat jembatan Lemah Ireng I yang menghubungkan Jembatan To Terpanjang di Tol Trans Jawa.

Jembatan Tol Lemah Ireng I menghubungkan Kota Semaran dengan Surakarta dan melewati lima kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Kota Ini Termaju di Pulau Borneo, Salah Satunya Menjadi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Ind

Kelima kabupaten/kota tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar.

Jembatan tol Lemah Ireng I dibangun dengan metode Balance Cantilever.

Metode ini memanfaatkan efek keseimbangan cantilever sehingga struktur Jembatan Tol Lemah Ireng I dapat berdiri kokoh tanpa sokongan lain. 

Dengah menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri, pegendata yang melintasi jembatan tol Lemah Ireng I ini menjadi lebih nyaman ketika berjalan diatasnya.

BACA JUGA:Bangun Tol Yogyakarta - Bawen Sepanjang 75 KM, Pemerintah Buat Terowongan di Perut Gunung

Pengendara juga harus tetap waspada ketika melewati Jembatan Tol Lemah Ireng I karena sering terdapat kabut ketika hujan.

Jembatan Tol Lemah Ireng I terdapat jembatan-jembatan tol lain yang terdapat di Jalan Tol Semarang - Solo.

Diantaranya Jembatan Tembalang, Jembatan Banyumanik I dan Jembatan Banyumanik II, Gedawang, Susukan, Penggaron, Kali Tinalun, Lemah Ireng II dan lainnya.

Seperti halnya Jembatan Lemah Ireng I, jembatan-jembatan diatas juga melalui tahap pemeliharaan secara rutin.

BACA JUGA:Rendy Kjaenett Terus Jalin Komunikasi dengan Lady Nayoan

Dengan lebar jembatan sekitar 23,6 meter, maka Jembatan Tol Lemah Ireng I dirancang mampu menopang beban hingga 70 ton.

Walaupun telah melakukan pemerintah secara rutin, sebagai pengguna jalan tol sudah sebaiknya juga memenuhi peraturan yang ada pada perlintasan Tol Trans Jawa.

Meski demikian, Jembatan Tol Lemah Ireng I yang diprediksi dapat menopang hingga 100 tahun dapat terus beroperasi dengan baik. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: