Honda

Dorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PUPR

Dorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PUPR

Danau Toba di Sumatera Utara, menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yang didorong percepatan pengembangannya oleh BPIW Kementerian PUPR-http://disbudpar.sumutprov.go.id/-

JAKARTA, PALPRES.COM - Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan penuh dalam percepatan pengembangan Wilayah Metropolitan (WM) Mebidangro (Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo) serta pariwisata di Destinasi pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut). 

Sebagaimana dikutip dari bpiw.pu.go.id, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan, menyampaikan hal tersebut saat memimpin Tim BPIW Kementerian PUPR dalam melakukan Kunjungan Lapangan (Kunlap) ke dua wilayah strategis tersebut.

Pengembangan infrastruktur PUPR di Wilayah Metropolitan Mebidangro menjadi fokus untuk mendukung pengembangan sektor unggulan industri pengolahan dan perdagangan di wilayah Sumut. 

Beberapa proyek yang telah dilakukan adalah Pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar, penataan Kawasan Kota Lama Kesawan di Kota Medan, serta pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidangro. 

BACA JUGA:RESMI! 5 Bansos Cair Agustus Ini, Cek Namamu Segera

Saat ini, pembangunan Infrastruktur Permukiman di Kawasan Kota Lama Kesawan telah mencapai 50,84%, sementara pembangunan SPAM Regional Mebidangro telah mencapai 93,85%.

Selain itu, infrastruktur PUPR juga difokuskan untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di DPSP Danau Toba

Beberapa kegiatan yang mendukung sektor tersebut termasuk penataan Kawasan Waterfront City Panguruan dan Kawasan Tele di Kabupaten Samosir, Pelebaran Alur, Pembangunan Jembatan Tano Ponggol, serta fasilitasi pembangunan jalan di Toba Caldera Resort.

Danau Toba merupakan destinasi wisata yang memiliki sumber daya pariwisata yang besar, seperti wisata alam dan budaya. 

BACA JUGA:Bukan Eranya Mobile Legend, Ini 4 Permainan Anak 80an yang Fenomenal di Zamannya

Kepala BPIW, Yudha Mediawan, menyatakan bahwa pengembangan infrastruktur merupakan langkah penting untuk mendorong pengembangan pariwisata DPSP Danau Toba yang terintegrasi dan berkelanjutan, sehingga akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional, terutama di wilayah sekitarnya.

Dalam mendorong pengembangan WM Metropolitan dan pariwisata di DPSP Danau Toba, Kementerian PUPR menekankan pembangunan empat sektor utama, yakni Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya, dan Penyediaan Perumahan.

Program pengembangan pariwisata di DPSP Danau Toba dilaksanakan secara terintegrasi oleh Pemerintah Pusat melalui program Integrated Tourism Development Program (ITDP) dengan bantuan dari Bank Dunia.

Tim BPIW melakukan Kunlap ke Wilayah Metropolitan Mebidangro dan DPSP Danau Toba pada tanggal 26-28 Juli 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: