Honda

10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di PTN Terbaik QS WUR 2024, Jurusanmu Termasuk?

10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di PTN Terbaik QS WUR 2024, Jurusanmu Termasuk?

10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di PTN Terbaik QS WUR 2024, Jurusanmu Termasuk?--Sumber lombok file

PALEMBANG, PALPRES.COM - Jurusan kuliah dengan biaya paling murah di PTN terbaik Indonesia versi QS WUR 2024 bisa menjadi pilihan di dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Meski biaya jurusan kuliah ini tergolong murah bukan berarti kualitas pendidikannya tidak baik.

Sebab, beberapa jurusan kuliah dengan biaya paling murah ini tersedia di kampus terbaik Indonesia versi QS World University Rankings atau QS WUR 2024.

Untuk mengetahuinya simak artikel ini sampai selesai yang akan mengulas jurusan kuliah dengan biaya paling murah di perguruan tinggi yang diambil dari beberapa sumber.

BACA JUGA:Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Kampus TOP QS WUR 2024, Anak IPS Merapat!

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu perpustakaan termasuk jurusan paling murah yang mana di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pengelolaan perpustakaan pengarsipan dan masih banyak lagi.

Beberapa dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia menawarkan jurusan kuliah dengan biaya yang murah diantaranya Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya.

Biaya kuliah utuk jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Diponegoro persemester mulai dari Rp500.000an.

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan, Ada di Kampus QS WUR 2024!

2. Jurusan Pendidikan Olahraga

Selanjutnya Jurusan Pendidikan Olahraga dijurusan ini kamu akan mempelajari pengetahuan tentang pendidikan keolahragaan seperti aturan,fungsi olahraga, hingga teknik pengajaran dan masih banyak lagi.

Diantaranya perguruan tinggi yang menawarkan dengan jurusan kuliah paling murah yakni Universitas Pendidikan Indonesia dengan biaya kuliah persemester mulai dari Rp500.000

3. Jurusan Ilmu Sejarah

BACA JUGA:4 Jurusan Soshum Tersulit Beserta Kampus Terbaik versi QS WUR 2023, Ada Jurusanmu di Sini?

Jurusan Ilmu Sejarah di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang berbagai aspek sejarah baik itu sejarah sosial,budaya, politik hingga tentang sejarah militer.

Diantaranya perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah paling murah yakni Universitas Negeri Semarang dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000

4. Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis salah satu jurusan kuliah paling murah yang akan mempelajari tentang sosial ekonomi pertanian yang bisa menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji serta bisa mengembangkan sumber daya alam dalam pertanian.

BACA JUGA:5 Jurusan Paling Santai Tapi Cepat Lulus Kuliah, Ada di Kampus Terbaik QS WUR 2024 Lho!

Universitas Gadjah Mada salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini dengan biaya kuliah paling murah per semester hanya Rp500.000.

5. Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Pada jurusan Teknologi Industri Pertanian bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu dalam melakukan penelitian bahkan  pengembangan dalam pengelolaan dan kegiatan pertanian.

Salah satu perguruan tinggi yang menawarkan biaya kuliah paling murah di jurusan ini yakni Universitas Padjadjaran dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

BACA JUGA:4 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Deretan TOP QS WUR 2024, Kampusmu Termasuk?

6. Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan kuliah termurah selanjutnya adalah Teknik Pengairan. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan ahli di bidang pengairan.

Seperti perencanaan sistem jaringan irigasi hingga perencanaan pembangkit tenaga listrik.

Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan biaya kuliah paling murah di jurusan ini yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000

BACA JUGA:14 Kampus Miliki Program Kelas Internasional, PTN Terbaik QS WUR 2024 Buka Double Degree Terbanyak, Minat?

7. Jurusan Akuakultur

Jurusan Akuakultur salah satu jurusan kuliah paling murah yang ada di Indonesia dimana pada jurusan ini kamu akan mempelajari tentang budidaya perairan hingga kelestarian lingkungan.

Diantaranya perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini dengan biaya kuliah paling murah yakni Universitas Jenderal Soedirman dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

8. Jurusan Teknologi Bioproses

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Agroteknologi beserta Prospek Kerjanya, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024?

Selanjutnya, ada jurusan Teknologi Bioproses di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pemanfaatan mikroorganisme dalam skala industri untuk menghasilkan keuntungan ekonomi.

Salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia yang memiliki jurusan ini dengan biaya kuliah paling murah yakni Universitas Indonesia dengan biaya kuliah per semester antara Rp500.000 hingga Rp7.500.000.

9. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Selanjutnya jurusan paling murah biaya kuliahnya yakni jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan di jurusan ini kamu hanya fokus pada pengolahan ikan dalam skala industri dan pembangunan industri perikanan.

BACA JUGA:6 Jurusan Tersulit Versi Saintek Beserta Kampus Terbaik QS WUR 2023, Jurusanmu Masuk Gak?

Diantaranya perguruan tinggi terbaik Indonesia yang menyediakan jurusan ini dengan biaya paling murah yakni Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada.

Dengan biaya kuliah per semester untuk jurusan kuliah termurah ini di Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada mulai dari Rp500.000.

10. Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

Pada jurusan ini kamu difokuskan dibidang akuntansi yang terkait dengan instansi publik, seperti organisasi pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah.

BACA JUGA:20 PTN dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia, Kampus TOP QS WUR 2024 Jawaranya

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini dengan biaya paling murah yakni Universitas Terbuka dengan biaya kuliah per semester sekitar Rp1.300.000.

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah paling murah di Indonesia.

Perlu kita ketahui bahwa biaya kuliah bukan menjadi salah satu faktor yang menghambat. Akan tetapi jurusan kuliah apa saja yang kita ambil, persiapan yang mateng tetaplah kunci dari keberhasilan.

Dengan persiapan yang baik dan tekad yang kuat, dan dukungan yang tepat, dengan bekal tersebut mudah-mudahan kita dapat mengatasi tantangan keuangan dan bisa mencapai kesuksesan di bidang yang kita ambil.*

BACA JUGA:Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Gamers, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: