Honda

Ingin Jadi Programmer? Berikut 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu, Ada Kampus QS WUR 2024!

Ingin Jadi Programmer? Berikut 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu, Ada Kampus QS WUR 2024!

Ingin Jadi Programmer? Berikut 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu, Ada Kampus QS WUR 2024!--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Belakangan ini, jurusan kuliah untuk programmer semakin menarik minat calon mahasiswa. Minat untuk mempelajari ilmu komputer juga sedang tinggi saat ini.

Ilmu komputer adalah salah satu mata pelajaran utama yang berhubungan dengan pemrograman komputer.

Dalam beberapa jurusan yang terkait dengan bidang ini, setiap siswa akan mempelajari keterampilan menulis algoritma dan program dengan benar untuk mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak.

Namun, jangan khawatir, sekarang telah banyak jurusan kuliah yang dapat mendukung hobi atau bakat pelajar untuk mendalami keterampilan di bidang komputer.

BACA JUGA:4 Jurusan Kuliah Cocok Buat Penghobi Jalan-Jalan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Bahkan, ada beberapa kampus terbaik di Indonesia yang masuk peringkat tertinggi QS WUR 2024 dengan jurusan-jurusan kuliah yang berkaitan dengan komputer.

Dilansir dari akun instagram masukptn, berikut ini beberapa jurusan kuliah beserta kampusnya yang bisa jadi referensi.

1. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer pada umumnya berfokus pada memahami prinsip matematika dan ilmiah yang menjadi dasar dari program komputer.

BACA JUGA:3 PTN dengan Jurusan Matematika Terbaik versi QS WUR 2023, Coba Tebak Kampus Mana?

Selain itu, mahasiswanya juga akan mempelajari cara merancang perangkat lunak dan perangkat keras, mendalami bahasa pemrograman, struktur data, dan konsep kecerdasan buatan.

Berikut ini beberapa referensi PTN terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Ilmu Komputer diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan masih banyak lagi.

2. Sistem Informasi

Dalam jurusan sistem informasi, mahasiswa akan mempelajari mengenai dua bidang sekaligus, yaitu ilmu komputer dan ilmu bisnis.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Berdasarkan Film Indonesia, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024!

Dengan begitu, mahasiswa tidak hanya dapat menciptakan produk teknologi, tetapi juga dapat mengembangkan perkiraan bisnis untuk produk tersebut.

Beberapa PTN QS WUR 2024 yang dapat direkomendasikan untuk jurusan ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Indonesia (UI), dan masih ada beberapa kampus lain.

3. Teknik Informatika

Dengan memilih Jurusan Teknik Informatika sebagai jejang studi perkuliahan, maka mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang luas dan beragam.

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di PTN Terbaik QS WUR 2024, Jurusanmu Termasuk?

Seperti sistem informasi, jaringan komputer, desain perangkat lunak, serta dasar-dasar matematika dan fisika.

Selain itu, mahasiswa juga akan berfokus untuk belajar mengenai pengolahan data dan pemrograman.

Beberapa rekomendasi PTN TOP QS WUR 2024 yang menyediakan untuk jurusan Teknik Informatika yakni Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan beberapa kampus lainnya.

4. Matematika

BACA JUGA:Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Kampus TOP QS WUR 2024, Anak IPS Merapat!

Seperti pada umumnya, Jurusan matematika akan memungkinkan mahasiswanya untuk memfokuskan pembelajaran pada geometri, kalkulus, dan aljabar.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari dua bidang matematika, yakni murni dan terapan tergantung kampusnya apakah mereka akan membedakan antara matematika murni dan terapan atau tidak.

Berikut beberapa rekomendasi PTN dengan peringkat teratas dalam QS WUR 2024 yang menawarkan jurusan Matematika.

Diantaranya Universitas Brawijaya (UB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan masih banyak lagi kampus lainnya.

BACA JUGA:7 Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kementerian Keuangan, Ada di Kampus QS WUR 2024!

5. Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi merupakan ilmu yang berfokus dalam memahami dan mengamankan informasi, serta cara mengambil, mengirim, dan menyimpannya.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari teknik manajemen basis data, mengamankan siber, dan perencanaan sistem informasi.

Beberapa perguruan tinggi terbaik versi QS WUR 2024 yang dapat menjadi rekomendasi jurusan ini yaitu UGM, ITB, Universitas Sumatera Utara (USU), dan beberapa kampus lainnya.

BACA JUGA:4 Jurusan Soshum Tersulit Beserta Kampus Terbaik versi QS WUR 2023, Ada Jurusanmu di Sini?

Itulah beberapa jurusan kuliah untuk para calon programmer yang tersedia di kampus terbaik versi QS WUR 2024. Apakah kamu berminat dengan salah satu jurusan di atas?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: