Honda

Selain Flyover Sekip Ujung, Pemerintah Juga Bangun Flyover Gelumbang dan Bantaian, Cek Lokasinya!

Selain Flyover Sekip Ujung, Pemerintah Juga Bangun Flyover Gelumbang dan Bantaian, Cek Lokasinya!

Ilustrasi flyover perlintasan kereta api di Sumatera Selatan-Net-

PALPRES.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 2.165 kilometer flyover/underpass pada tahun 2023.

Di wilayah Sumatera Selatan sendiri terdapat 3 flyover yang bakal dibangun yakni Flyover Sekip Ujung, Flyover Gelumbang dan Flyover Bantaian.

Pembangunan flyover ini merupakan kunci dari konektivitas antar wilayah agar mobilitas barang dan jasa serta manusia lebih efisien.

Dengan adanya konektivitas yang semakin lancar, diharapkan meningkatkan ekonomi daerah sehingga bisa membantu proses percepatan pembangunan di wilayah Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Cocok Buat Healing! 4 Negara Ini Wajib Kamu Kunjungi Buat Liburan, Pihan Kamu yang Mana Nih?

Pembangunan Flyover Sekip Ujung telah dilakukan sejak Juni 2022 guna mengurangi kemacetan yang sering terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmad - Jalan R Sukamto dan ruas Jalan Amphibi - Jalan Angkatan 66 di Kota Palembang.

Pembangunan Flyover Sekip Ujung memiliki panjang 660 meter, terdiri dari 190 meter jembatan, 160 meter oprit di sisi Jalan Basuki Rahmad dan 310 meter oprit di sisi Jalan R Sukamto.

Pengerjaan fisik Flyover Sekip Ujung ini dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel, Direktorat Jenderal Bina Marga dengan Kontraktor PT Waskita - Kencana KSO melalui dana Surat Berharga Syariat Negara senilai Rp152 miliar.

Kemudian Flyover Gelumbang dibangun untuk memperlancar arus lalulintas di perlintasan sebidang rel kereta api di Jalan Lintas Palembang - Prabumulih, Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Bansos BPNT Juli-September Segera Cair, Ada Dana Rp600 Ribu Cair Lewat Pos, Tunggu Undangannya

Pembangunan flyover ini menjadi penghubung antara batas Kabupaten Ogan Ilir/Kabupaten Muara Enim - Kota Prabumulih.

Desainnya, Flyover Gelumbang dibangun dengan waktu pelaksanaan 16 bulan dengan dana bersumber dari SBSN tahun anggara 2023-2024 dengan panjang jembatan dan oprit 700 meter, dengan panjang bentang 50 meter dan lebar jalur lalulontas 17,20 meter.

Selanjutnya Flyover Bantaian yang berada di perlintasan sebidang rel kereta api pada ruas Simpang Belimbing - Batas Kabupaten Muara Enim.

Flyover ini dibangun sepanjang keseluruhan 650 meter dengan bentang utama 50 meter, dilengkapi jalan pendekat dari arah Palembang sepanjang 300 meter dan arah Muara Enim 350 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: