Honda

5 Jurusan Kuliah Paling Diincar Perusahaan Migas, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Minat?

5 Jurusan Kuliah Paling Diincar Perusahaan Migas, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Minat?

5 Jurusan Kuliah Paling Diincar Perusahaan Migas, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Minat?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ada beberapa jurusan kuliah yang paling diincar perusahaan migas, apalagi jika lulusan dari kampus terbaik versi QS WUR 2024.

Memilih jurusan kuliah memerlukan pemikiran yang matang agar mendapatkan kesuksesan demi mempertimbangkan peluang pekerjaan setelah lulus.

Salah satu opsi yang banyak diminati adalah industri Minyak dan Gas (migas) yang menjanjikan gaji yang tinggi dan kestabilan dalam pekerjaan.

Perusahaan Minyak Gas adalah perusahaan yang berfokus pada pekerjaan mengebor, menghasilkan, dan menyebarkan minyak bumi serta gas alam.

BACA JUGA:PTN Ramai Buka Fakultas Kedokteran, Ada di Kampus QS WUR 2024, Apa Saja Keunggulannya?

Nah, berikut ini rekomendasi jurusan kuliah paling diincar oleh perusahaan migas yang tersedia di kampus terbaik versi QS WUR 2024.

1. Teknik Geomatika

Jurusan Teknik Geomatika merupakan jurusan kombinasi antara ilmu geodesi dan informatika untuk mengumpulkan, membuat model, menganalisis, dan mengelola data spasial berdasarkan lokasi.

Data spasial diperoleh dari pengukuran yang dilakukan di berbagai tempat seperti daratan, laut, wahana antariksa, dan sensor satelit, dengan menggunakan landasan dasar Geodesi.

BACA JUGA:Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2024 Beserta Peringkat, Ada Kampusmu?

Berikut ini beberapa PTN dengan jurusan Teknik Geomatika diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

2. Teknik Perminyakan

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai pemanfaatan dan penemuan sumber daya alam, terutama minyak dan gas, yang mencakup berbagai bidang ilmu seperti penjelajahan dan pemanfaatan.

Selain itu, mata pelajaran dari berbagai disiplin juga akan terlibat dalam proses pembelajaran, seperti Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Elektro, Fisika, Kimia, Matematika, dan Teknik Informatika.

BACA JUGA:9 Jurusan yang Paling Diincar Perusahaan Start Up, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Jurusanmu?

Beberapa PTN QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Perminyakan diantaranya ada ITB dan UPN Veteran Yogyakarta atau Universitas Pertamina.

3. Teknik Geologi

Program studi Teknik Geologi fokus pada penelitian mengenai struktur bumi dan kekayaan alam yang ada di dalamnya.

Dalam jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari berbagai hal tentang bumi, seperti jenis batuan, bentuk atau struktur geologi, serta hubungan dan proses antar batuan yang terkait.

BACA JUGA:PTN dan PTS dengan Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia, Ada di Kampus QS WUR 2024, Minat?

Beberapa PTN QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Geologi diantaranya Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan lain sebagainya.

4. Teknik Geofisika

Dalam Jurusan Teknik Geofisika, mahasiswa akan mempelajari cara mengenali sumber daya alam fisik yang ada di dalam bumi.

Hal itu pun melibatkan pemahaman tentang sifat fisik dan pergerakan bumi, serta pengukuran dan pengolahan data fenomena alam.

BACA JUGA:Mitos dan Fakta Jurusan Akuntansi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Simak!

Teknologi ini juga digunakan dalam pengoptimalan pemanfaatan sumber daya alam di bumi dan mengurangi dampak dari bencana alam.

Berikut beberapa PTN QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Geofisika diantaranya ITB, ITS, dan UGM.

5. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Jurusan Kuliah Keselamatan Kesehatan dan Kerja (K3) merupakan program studi yang bertujuan utama mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja.

BACA JUGA:10 PTN Jurusan Agribisnis dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Deretan Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024

Peran profesional K3 sangat penting terutama dalam industri-industri yang memiliki potensi risiko yang cukup tinggi.

Dalam prodi ini, kamu akan mempelajari bagaimana mengelola risiko dan bahaya di tempat kerja serta dalam proyek-proyek.

Berikut ini beberapa PTN dengan jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), UGM, dan Universitas Airlangga (S2).

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah yang paling diincar Perusahaan Migas di Indonesia. Kamu berminat?*

BACA JUGA:Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Olahraga, Ada di Kampus QS WUR 2024, Berminat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: