Honda

Memiliki Lanskap Warna-Warni Tampak Indah, Gurun Ini Dijuluki Gerbang Menuju Neraka

Memiliki Lanskap Warna-Warni Tampak Indah, Gurun Ini Dijuluki Gerbang Menuju Neraka

Gurun Danaki di Afrika-Istimewa/Net-

PALEMBANG, PALPRES.COM- Danakil merupakan sebuah gurun yang terletak di Ethiopia Timur.

Danakil dikenal sebagai daerah paling panas, paling kering, paling rendah, dan paling asing di muka bumi.

Berbeda dengan gurun pada umumnya yang memiliki warna coklat serta tandus.

Danakil justru memiliki lanskap warna-warni, gurun ini menyajikan kolam kuning serta hijau yang tampak indah dan menawan.

BACA JUGA:Kota Aneh dan Tersepi di Dunia, Hanya Dihuni Wanita Tua Berusia 85 Tahun, Berani Tinggal Bersama Nenek Ini?

Tetapi disisi lain gurun ini adalah kawasan yang mematikan.

Hal itu dikarenakan danakil adalah rumah bagi air panas yang mendidih dengan Klorin beracun dan gas belerang yang membumbung di udara.

Sehari-hari suhu di danaki berkisar antara 39 hingga lebih dari 50 derajat Celcius atau setengah dari titik didih.

Maka dari itu, gurun Danakil dijuluki gerbang ke neraka, karena berada di pertemuan 3 lempeng tektonik yakni lempeng Arab, Afrika, dan Somalia.

BACA JUGA:Batu Jenis Ini Menjadi Jembatan Dunia Manusia dan Alam Gaib, Benarkah?

Aktivitas geologis yang intensif di daerah ini menghasilkan fenomena geologis yang menarik serta unik.

Termasuk gunung berapi aktif depresi geologis dan cekungan tektonik dan danakil juga memiliki Danau garam dengan kandungan kadar garam yang sangat tinggi.

Menurut para peneliti ketebalan garam di danau ini mencapai sekitar 2 KM, karena begitu tebalnya lapisan permukaan garam di danau ini manusia bisa berjalan di atasnya dan merasakan sensasi seolah berjalan di atas kaca raksasa.

Selain itu salah satu daya tarik utama danakil adalah kawasan dalol yang menyajikan depresi geologis terendah di dunia dengan titik paling rendah mencapai 130 meter di bawah permukaan laut yang terbentuk akibat aktivitas tektonik dan vulkanik yang berkepanjangan.

BACA JUGA:5 Nama Desa di Kabupaten Sumedang Cukup Unik, Bisa Bawa Perasaan, Kenapa? Ini Alasannya

Dalol adalah lahan Berawa dan kawah vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas geothermal, di kawasan ini terdapat berbagai jenis fenomena alam yang sangat unik termasuk Geyser sumber air panas kolam air asin dan formasi batu warna-warni.

Di tempat ini terdapat cerobong asap belerang dan mineral lain yang memancarkan gas beracun dan membentuk formasi-formasi berwarna cerah yang kontras dengan lanskap gurun sekitarnya.

Warna-warna ini disebabkan oleh mineral seperti belerang, garam, dan logam-logam lainnya yang terlarut dalam air panas karena kondisinya yang ekstrem danaki dianggap sebagai salah satu tempat paling keras di muka bumi.

Suhu udara di daerah ini dapat mencapai angka yang sangat tinggi dan seringkali melebihi 45 derajat Celcius dan menjadikannya salah satu tempat yang terpanas di dunia.

BACA JUGA:Kental Akan Mitos dan Cerita Legendanya, 5 Tempat Nyata di Indonesia Ini Mirip Dengan Film Fiksi Ilmiah

Selain itu tingkat keasaman air di beberapa kolam yang mencapai tingkat yang sangat tinggi membuatnya tidak layak bagi kehidupan organik.

Kendati dikenal sebagai kawasan yang mematikan nyatanya danaki juga memiliki budaya serta sejarah panjang.

Danaki merupakan rumah suku Apar yang telah menetap di kawasan ini selama ribuan tahun mereka adalah kaum nomaden yang dikenal karena kemampuan adaptasinya terhadap suhu ekstrem.

Hidup di kawasan bersuhu ekstrem bukan perkara muda tetapi suku Apar telah mengembangkan kemampuan ketahanan dan adaptasi untuk bisa bertahan hidup di lingkungan yang tidak ramah ini.

BACA JUGA:Tempat Makan Soto Legendaris, Terenak dan Paling Hits di Palembang, Salah Satunya Berumur 35 Tahun

Di tengah lingkungan yang sangat keras suku Afar memiliki budaya yang kaya yang ditandai dengan tradisi dan adat istiadatnya yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: