Honda

5 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia, Ada Kampus Idamanmu?

5 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia, Ada Kampus Idamanmu?

5 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia, Ada Kampus Idamanmu?--Sumber: siedoo.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ada beberapa kampus dengan peringkat tertinggi di QS WUR 2024 yang memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia.

Tak bisa dipungkiri karena hal ini disebabkan oleh usia universitas yang juga sudah termasuk ke dalam daftar kampus tertua di Indonesia.

Bahkan, diantaranya ada yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan.

Fakultas Kedokteran di kampus-kampus juga menjadi salah satu bukti sejarah bahwa adanya sekolah-sekolah bekas bangsa asing yang pernah menjajah Indonesia.

BACA JUGA:6 Jurusan Terfavorit di Universitas Indonesia, Kampus QS WUR 2024, No 1 Bukan Pendidikan Dokter, Tapi..

Hingga sekarang, kampus-kampus di atas masih mengaktifkan Fakultas Kedokteran yang menghasilkan dokter-dokter hebat di Indonesia.

Berikut daftar kampus dengan Fakultas Kedokteran di Indonesia yang memiliki usia yang hampir setara dengan Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Kedokteran yang paling awal berdiri di Indonesia adalah FK Universitas Gadjah Mada.

BACA JUGA:5 Jurusan untuk Kamu yang Ingin Jadi CEO, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Tertarik Masuk?

Fakultas ini memiliki sejarah yang panjang yang bermula sejak ditandai dengan adanya sekolah kedokteran Belanda yang bernama School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

Nama sekolah itu kemudian diubah menjadi Geneeskundige Hoge School (GHS), tetapi selama masa pendudukan Jepang sekolah ini ditutup dan muncul perguruan tinggi baru bernama Djakarta Ika Daigaku

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya di tahun 1945, Djakarta Ika Daigaku diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan namanya diganti menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran (PTK) di Jakarta.

Namun, dikarenakan adanya situasi yang cukup merugikan, PTK Jakarta dipindahkan ke Yogyakarta lalu ke Klaten.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Paling Diincar Perusahaan Migas, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Minat?

Hingga pada akhirnya, tanggal 19 Desember 1949, PTK secara resmi didirikan bersamaan dengan didirikannya Universitas Negeri Gadjah Mada (UGM).

2. Universitas Indonesia (UI)

Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dilakukan dengan penggabungan Perguruan Tinggi Kedokteran Republik Indonesia dan Geneeskundige Faculteit Nood-Universiteit van Indonesie yang berasal dari Belanda pada 2 Februari 1950.

Pada waktu itu, FKUI menghadirkan 28 mata kuliah berbeda yang diambil oleh 288 mahasiswa yang berkuliah di sana.

BACA JUGA:PTN Ramai Buka Fakultas Kedokteran, Ada di Kampus QS WUR 2024, Apa Saja Keunggulannya?

Sebagian dari dosen yang memberi pengajaran masih terdiri dari beberapa dosen asal Belanda.

Proses pembelajaran di FKUI tersebut berlangsung di beberapa tempat, seperti Kompleks Salemba 6, Kompleks Pegangsaan Timur 16, serta Rumah Sakit Umum Pusat dan Rumah Sakit Raden Saleh.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga memulai sejarahnya dengan membentuk cabang Faculteit der Geneeskunde di Surabaya pada tanggal 1 September 1948.

BACA JUGA:Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2024 Beserta Peringkat, Ada Kampusmu?

Lalu, cabang itu mengalami perubahan menjadi Fakultas Kedokteran cabang Surabaya sehingga, Fakultet Kedokteran cabang Surabaya dipisahkan dari induknya yakni Fakultet Kedokteran Universitas Indonesia.

Kemudian, di tahun 1955 fakultas tersebut secara resmi bergabung dengan Universitas Airlangga.

Ketika pertama kali didirikan, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memakai gedung-gedung yang sebelumnya digunakan oleh sekolah dokter NIAS pada masa penjajahan Belanda.

Selain itu, Fakultas Kedokteran Unair juga menjadi bagian utama dalam pendirian Universitas Airlangga pada 1 November 1954.

BACA JUGA:9 Jurusan yang Paling Diincar Perusahaan Start Up, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Jurusanmu?

Pendirian FK UNAIR ini dilakukan oleh Presiden Soekarno bersama dengan Lembaga Kedokteran Gigi serta Fakultas Hukum Sosial dan Politik di Surabaya.

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Fakultas Kedokteran UII didirikan di Surakarta pada 9 Desember 1964 inisiatif dari Prof. Dr. Sardjito, Prof. KHA Kahar Muzakir, Dr. Soekiman Wirjosandjojo, dan KH Imam Ghazali.

Namun, karena adanya penggabungan cabang-cabang UII di berbagai daerah, Fakultas Kedokteran UII di Surakarta pada waktu itu bergabung dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS).

BACA JUGA:PTN dan PTS dengan Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia, Ada di Kampus QS WUR 2024, Minat?

Setelah itu, Fakultas Kedokteran UII Surakarta dipindahkan ke Yogyakarta, tetapi mereka mengalami kesulitan karena aturan pemerintah mengenai pendirian fakultas kedokteran swasta.

Sebagai gantinya, mahasiswa Fakultas Kedokteran UII dipindahkan ke Fakultas Kedokteran UNS.

Sehingga sejak saat itu UII tidak memiliki fakultas kedokteran. Hingga akhirnya FK UII dibuka kembali pada 3 September 2001.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

BACA JUGA:Mitos dan Fakta Jurusan Akuntansi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Simak!

Berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) diawali dengan didirikannya Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) cabang Surakarta yang berada di bawah naungan Departemen Hankam.

Kemudian, fakultas ini bergabung dengan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret pada tanggal 8 Maret 1976.

Ketika itu, kegiatan pembelajaran FK UNS dilaksanakan di bekas gedung Fakultas Kedokteran PTPN Veteran Cabang Surakarta yang terletak di Jalan Kolonel Sutarto No. 150 K Surakarta.

Nah, itulah beberapa kampus dengan Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yang sekarang masih aktif dalam mencetak dokter-dokter hebat Nusantara.

BACA JUGA:10 PTN Jurusan Agribisnis dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Deretan Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024

Lalu, apa kamu beminat untuk menjadi lulusan dokter dari salah satu kampus di atas?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: