Honda

7 Fakta Menarik Tanaman Hias Lidah Mertua, Nomor 5 Jarang Diketahui Orang

7 Fakta Menarik Tanaman Hias Lidah Mertua, Nomor 5 Jarang Diketahui Orang

7 Fakta menarik tentang tanaman hias lidah mertua--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Tanaman hias adalah satu unsur dekorasi yang bukan hanya mempercantik ruangan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari adalah drakena trifasciata atau yang biasa kita kenal dengan lidah mertua, selain ciri khasnya berupa daun runcing dan kaku menyerupai artifisial, nyatanya tanaman satu ini juga dapat menghasilkan oksigen di malam hari.

Berikut adalah beberapa fakta unik dari lidah mertua yang jarang diketahui seperti dilansir dari chanel youtube Tanda Tersendiri, yuk disimak!

1. Dapat menghasilkan oksigen di malam hari

BACA JUGA:Ibu Hamil Jangan Lupa 5 Khasiat Buah Kelapa Ini, Penting Bagi Calon Bayi

Pada umumnya tumbuhan hanya akan menghasilkan oksigen pada siang hari saat proses fotosintesis, tapi lidah mertua dapat menghasilkan oksigen sepanjang hari, hal ini memungkinkan karena adanya proses metabolisme asam krasulation.

Proses fotosintesis ini banyak diterapkan oleh tanaman sukulen sebagai bentuk adaptasi mereka terhadap lingkungan gersang, adalah sistem penyerapan CO2 di malam hari lalu menyimpannya sebagai asam asam itu, kemudian digunakan untuk membuat O2 dengan demikian tanaman lidah mertua dapat membuat lingkungannya jadi lebih sejuk juga bantu mengatasi alergi udara.

2. Sering disalah artikan sebagai jenis kaktus

Punya daun yang tebal dan gemuk tidak heran jika masih banyak orang yang mengira bahwa lidah mertua termasuk ke dalam jenis kaktus, tapi sebenarnya lidah mertua termasuk ke dalam jenis sukulen bersama dengan tanaman lidah buaya.

BACA JUGA:Memiliki Sejarah Dunia yang Panjang, Inilah 4 Kota Paling Kuno di Dunia, Penasaran?

Tanaman sukulen pada umumnya mereka tidak terlalu suka tanah yang terlalu lembab terlalu banyak air akan membuat akar mereka busuk Oleh karena itu tanaman satu ini akan lebih baik jika disiram saat tanahnya sudah benar-benar kering.

3. Adaptif dan memiliki perawatan yang minim

Berasal dari daerah beriklim tropis khususnya Afrika Barat, tanaman hias lidah mertua umumnya menyukai sinar matahari yang banyak, tapi jika dibudidayakan sebagai tanaman hias indoor kurangnya sinar matahari akan membuat mereka lebih lama untuk tumbuh.

Walaupun dikenal tangguh, tanaman lidah mertua juga masih dapat terkena beberapa jenis penyakit tanda paling umum adalah munculnya bercak coklat kecil pada daun mereka yang perlahan menyebar jika hal itu terjadi sebaiknya potong saja bagian daun itu.

BACA JUGA:15 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2024, Ada 1 Kampus di Benua Asia, Coba Tebak Kampus Mana?

4. Bantu membersihkan udara dari polusi

Tahukah kamu bahwa tanaman lidah mertua pernah diakui Nasa dalam perannya untuk membersihkan udara, lidah mertua terbukti dapat menyerap bahan kimia berbahaya di udara bahan-bahan kimia berbahaya seperti triklortilen benzena formaldehida Selena hingga toluena dapat diserap oleh tanaman satu ini, untuk lebih mengoptimasi kemampuannya dibutuhkan sekitar 8 tanaman lidah mertua per orang untuk penggunaan indoor.

5. Punya bunga harum tapi jarang muncul

Lidah mertua juga dapat memproduksi bunga, hal ini memang jarang terjadi tapi jika dibudidayakan sebagai tanaman hias indoor kurangnya sinar matahari akan membuat mereka lebih lama untuk tumbuh, hal ini biasanya terjadi pada tanaman yang usianya lebih tua atau yang sedang mengalami rootball.

BACA JUGA:Khasiat Mustika Rantai Babi dan Ular Cobra, Dipercaya Kebal Senjata Tajam

6. Cukup beracun dan berbahaya bila tertelan

Tanaman lidah mertua juga cukup beracun, gejala awal yang muncul antara lain mual muntah bahkan diare jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak racun mereka dapat membuat lidah menjadi bengkak dan mati rasa.

Selain itu selalu berhati-hatilah saat berada di sekitar tanaman ini ujung dedaunannya yang runcing dapat melukai anda

7. Dipercaya melambangkan keberuntungan

BACA JUGA:Keris Ini Sungguh Sakti! Konon Bisa Memanggil Roh Halus

Terakhir tanaman lidah mertua dipercaya melambangkan kemakmuran, menurut fengsui lidah mertua merupakan tanaman yang beruntung dan bernasib baik.

Feng shui sendiri adalah sistem Cina kuno yang menyatakan hubungan energi dengan lingkungan sekitar dalam bentuk hadiah, dan lidah mertua memiliki banyak makna mulai dari ucapan terima kasih, selamat serta untuk menyatakan kebahagiaan.

Itulah 7 fakta menarik tentang tanaman hias lidah mertua, anda sudah punya tanaman yang penuh manfaat ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: 7 fakta menarik tanaman hias lidah mertua