Honda

6 Jurusan Paling Diincar Perusahaan Pertambangan, Ada di Kampus QS WUR 2024

6 Jurusan Paling Diincar Perusahaan Pertambangan, Ada di Kampus QS WUR 2024

6 Jurusan Paling Diincar Perusahaan Pertambangan, Ada di Kampus QS WUR 2024--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada beberapa jurusan yang paling diincar oleh perusahaan Pertambangan di Indonesia, bahkan tersedia di kampus terbaik versi QS WUR 2024.

Perusahaan pertambangan adalah perusahaan yang menjalankan aktivitas produksi tambang dengan berbagai langkah-langkah.

Seperti menyelidiki secara luas, mengeksplor, mengevaluasi kelayakan, membangun, hingga mengangkut dan menjualnya, serta mengurus tahap setelah tambang.

Industri pertambangan di Indonesia menawarkan peluang gaji yang tinggi karena perusahaan-perusahaan dalam sektor ini berkontribusi dalam memperoleh pendapatan asing bagi negara.

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah di UGM dengan Biaya UKT Paling Murah, PTN TOP QS WUR 2024

Oleh karena itu, untuk dapat bekerja dalam industri ini, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam hal-hal yang terkait dengan pertambangan.

Banyak perusahaan pertambangan yang terkenal di Indonesia, diantaranya ada PT Pertamina, PT Freeport Indonesia, PT Timah, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari instagram masukptn, berikut beberapa jurusan kuliah yang bisa mendukung impian pelajar yang ingin bekerja di pertambangan.

1. Teknik Lingkungan

BACA JUGA:5 Jurusan Terfavorit yang Ada di IPB, Kampus Terbaik versi QS WUR 2024, Minat Masuk?

Jurusan Teknik Lingkungan berfokus pada mengatur limbah, memantau kualitas air dan udara, serta menggunakan teknologi yang baik bagi lingkungan. 

Di industri pertambangan, peran dari jurusan ini sangat penting untuk membantu perusahaan mengikuti peraturan lingkungan dan mengurangi efek buruk pada lingkungan.

Ada banyak kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Lingkungan.

Kampus-kampus tersebut meliputi Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

BACA JUGA:5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Brawijaya Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Kampus QS WUR 2024

Selanjutnya Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

2. Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin bekerja di industri pertambangan.

Di sini, mahasiswa akan belajar tentang cara pertambangan dilakukan, yang berupa metode penambangan yang digunakan, cara mengelola lahan, dan cara memproses mineral.

BACA JUGA:4 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Desain Interior Terbaik Versi BAN-PT, Apa Saja Keunggulannya?

Ada dua kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Pertambangan.

Kampus-kampus tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

3. Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan merupakan bidang pengembangan konsep dari teknik pertambangan, tapi lebih spesifik pada mengatur sumber daya alam seperti gas dan minyak bumi. 

BACA JUGA:Daftar Fakultas dan Jurusan di Binus PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Di dalamnya, mahasiswa akan mempelajari dengan mendalam tentang cara pengeboran, distribusi, dan ekonomi dalam industri migas.

Ada banyak kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Perminyakan, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

4. Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi berpusat pada ilmu yang mempelajari cara Bumi dibuat, bentuknya, sifat-sifat fisiknya, dan sejarahnya.

BACA JUGA:5 Jurusan Terfavorit di UGM, Kampus TOP QS WUR 2024, Kamu Tertarik?

Di samping itu, mahasiswanya juga akan mendalami cara menyelidiki geologi, mengumpulkan contoh-contoh, dan menganalisis data untuk menemukan kemungkinan sumber daya alam seperti minyak, gas, dan mineral.

Ada banyak kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Geologi.

Kampus-kampus tersebut meliputi Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (UNHAS).

5. Teknik Geofisika

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah Paling Banyak Peminat SNBT 2023 di Kampus TOP QS WUR 2024

Jurusan Teknik Geofisika biasanya akan berfokus pada pengajaran tentang ilmu bumi yang dianalisis menggunakan konsep fisika dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam, energi, dan lingkungan.

Ada banyak kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Geofisika, diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

6. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah ilmu yang berpusat pada merencanakan, membangun, dan memperbaharui berbagai jenis proyek bangunan. 

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Ini Anti Ribet, Terdapat di Kampus QS WUR 2024, Tertarik?

Dalam jurusan ini, para mahasiswa akan mempelajari cara merancang dan membangun berbagai proyek seperti jalan, jembatan, dan bangunan pertambangan.

Ada banyak kampus terbaik versi QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Teknik Sipil, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI).

Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB) Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: