Honda

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada beberapa jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak diincar oleh lembaga Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Indonesia.

Kementerian Perhubungan merupakan instansi atau lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah Indonesia dan bertugas dalam bidang transportasi.

Seperti lembaga kemeterian lainnya Kemenhub juga biasa mencari dan menyeleksi calon pegawai baru sesuai lowongan yang dibutuhkan.

Berdasarkan data yang diambil dari seleksi calon aparatur atau pegawai sipil negara di bidang Kemenhub tahun 2021, terdiri beberapa jurusan kuliah yang menjadi syarat pendaftaran dalam posisi tertentu.

BACA JUGA:5 Jurusan Teknik Pertambangan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Bahkan, beberapa jurusan tersebut, meskipun telah ada yang disediakan oleh sekolah kedinasan atau politeknik negeri maupun swasta, ternyata ada juga di sejumlah kampus TOP QS WUR 2024, lho!

Berikut deretan jurusan kuliah yang lulusannya banyak diincari oleh lembaga Kemenhub Indonesia.

1. Transportasi Darat

Salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan Kemenhub adalah Transportasi Darat, karena banyaknya posisi pada penerimaan CPNS Kemenhub yang memiliki syarat jurusan Transportasi Darat.

BACA JUGA:5 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia, Kampus TOP QS WUR 2024 Jawaranya

Beberapa contoh posisi yang dibutuhkan adalah seperti Ahli Pertama-Pengendali Dampak Lingkungan, Pemeriksa Persyaratan Teknis dan Laik Jalan, Analis Angkutan Darat, Pemeriksa Perkeretaapian, Pengevaluasi Kinerja Prasarana LLAJ, dan masih banyak lainnya.

PTN yang menyediakan jurusan Transportasi Darat di Indonesja hanya Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan beberapa politeknik lain maupun sekolah kedinasan di Indonesia.

2. Teknik Sipil

Selanjutnya, ada jurusan Teknik Sipil yang kerap menjadi salah satu program studi yang diminati oleh banyak mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: