Honda

Kisah Ummu Sulaim, Perempuan dengan Mahar Paling Mulia dan Mahal di Dunia

Kisah Ummu Sulaim, Perempuan dengan Mahar Paling Mulia dan Mahal di Dunia

Kisah Ummu Sulaim, Perempuan dengan Mahar Paling Mulia dan Mahal di Dunia--Sumber: Pixabay

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada sebuah kisah menarik dari salah satu sahabat nabi yang mendapat julukan ‘Si Pemilik Mahar Paling Mahal’, yaitu Ummu Sulaim.

Ummu Sulaim yang dikenal sebagai Ruimasha' Ummu Sulaim, adalah seorang wanita cantik, cerdas, dan berakhlak mulia.

Nama lengkapnya adalah Ruimasha' Ummu Sulaim binti Malhan bin Khalid bin Zaid bin Hiram bin Jundab bin 'Amir bin Ghanam bin 'Afie bin an-Najaar al-Ansyariyah al-Khazrajiyah.

Beliau berasal dari kelompok Anshar yang terkenal karena sifat-sifat agungnya, budi pekertinya yang luhur, dan martabatnya yang tinggi.

BACA JUGA:3 Kota Tertua yang Ada di Dunia, Berdiri Sejak Sebelum Masehi Hingga Saat Ini, Kota Apa Saja?

Dalam memeluk Islam, tentu bukan perjalanan yang mudah bagi Ummu Sulaim. Beliau harus berusaha mengubah pikiran anggota keluarganya yang tidak setuju.

Bahkan, dia harus meyakinkan suaminya sendiri, Maalik Ibnu Nadhar, yang menjadi orang pertama yang menolak keputusan Ummu Sulaim.

Maalik Ibnu Nadhar sangat marah terhadap Ummu Sulaim dan langsung bertanya kepada istrinya, “Apakah kau telah menjadi orang yang musyrik?”

Dengan penuh keyakinan dan ketegasan, Ummu Sulaim menjawab, "Aku bukan musyrik, melainkan aku telah menjadi orang yang beriman.”

BACA JUGA:Tak Ada Untung Pinjam Uang di Pinjol Ilegal, Data Pribadi Bisa Disalahgunakan, Mau Tau Cirinya?

Lalu, beberapa waktu setelah Ummu Sulaim memeluk agama Islam, Maalik kemudian pergi menuju Syam. Sayangnya, dalam perjalanan tersebut, Maalik tewas dibunuh musuh.

Setelah suaminya meninggal, Ummu Sulaim dengan sabar mengarahkan dan merawat putranya yang bernama Anas bin Maalik.

Beliau membimbing Anas untuk mengucapkan dua kalimat syahadat dan memeluk agama Islam.

Bahkan, dengan keteguhannya, Ummu Sulaim berkata bahwa dia tidak akan memberi makan Anas sampai ia berhenti dari air susu ibunya dan dirinya tidak akan menikah sampai Anas dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: