Honda

Sudah Diterbitkan Surat Perintah Membayar, Bansos BPNT Rp400.000 Cair Lewat ATM di Wilayah-wilayah Ini

Sudah Diterbitkan Surat Perintah Membayar, Bansos BPNT Rp400.000 Cair Lewat ATM di Wilayah-wilayah Ini

Cair di Daerah Ini! Bansos BPNT Juli-Agustus Rp400.000 Siap Masuk ATM KPM-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Surat Perintah Membayar atau SPM sudah diterbitkan oleh Kemensos RI, yang artinya sebentar lagi Bansos BPNT dengan nominal Rp400.000 segera di top up ke kartu KKS Merah Putih.

Bansos BPNT dengan nominal Rp400.000 per KPM merupakan alokasi bulan Juli-Agustus 2023. 

Pencairan Bansos BPNT dilakukan di mesin ATM bank Mandiri, BRI, BNI dan Bank BSI untuk wilayah Aceh. 

Sebanyak 431 wilayah di Indonesia akan menerima proses pencairan lewat Bank Himbara. 

BACA JUGA:Warga Miskin dengan 5 Kategori Ini Berhak Dapat BLT Dana Desa Rp3.600.000 Mulai Akhir Agustus 2023

Untuk itu, bagi anda pemilik KKS Merah Putih, pastikan kondisi kartu KKS anda dalam keadaan baik saat akan digunakan untuk penarikan saldo bantuan program sembako ini. 

Sebagai tambahan informasi, proses tahapan pencairan BPNT apabila sudah diterbitkan SPM atau SP2D maka biasanya saldo bantuan akan dicairkan satu hingga dua pekan ke depan setelah SP2D Terbit. 

Jadi KPM bisa mengecek saldo nya di akhir Agustus ada di pekan pertama bulan September 2023 nanti. 

Karena, masih banyak KPM rela bolak-balik mesin ATM untuk mengecek apakah saldo Bansos PKH maupun BPNT nya sudah masuk atau belum.

BACA JUGA:Cair Akhir Agustus 2023, Bansos Tunai Rp900.000 untuk KPM Kategori Ini

Padahal jika terlalu sering melakukan pengecekan ke mesin ATM, Kartu KKS Merah Putih yang digunakan sebagai kartu ATM itu akan mudah rusak. 

Begitu juga dengan biaya cek saldo yang dikeluarkan.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT merupakan bantuan reguler yang disalurkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

BPNT disalurkan kepada 18,8 juta KPM dengan nominal Rp200.000 perbulan atau Rp2.400.000 per tahunnya. 

BACA JUGA:FIX, Surat Perintah Pencairan Dana Bansos PKH Tahap 3 Sudah Turun, Cek Rekening Sekarang!

Proses penyalurannya juga melibatkan dua Lembaga penyalur yaitu PT Pos Indonesia dan Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BSI).

Untuk meminimalisir kartu tidak cepet rusak, dan kerugian saat dikenakan biaya pengecekkan, disarankan untuk lebih baik tunggu informasi dari pendamping sosial, atau dari aparat desa/keluarga dimana KPM tinggal, atau kepada ketua kelompok.

Jika wilayah anda minim infomasi karena lokasi yang jauh, atau pendamping sosialnya kosong, maka waktu yang sangat tepat untuk mengeceknya dengan memantau aplikasi cek bansos atau website, dan cek nama KPM. 

Jangan takut saldo akan kembali ke Kas negara apabila bantuan tidak cepat diambil, asalkan jangan melewati satu tahap pencairan, bantuan ini harus segera ditransaksikan.

BACA JUGA:AKHIRNYA, Nama-nama Penerima Bansos PKH Tahap 3 Sudah Keluar, Pencairan Mulai Seminggu ke Depan

Sementara itu, jika melihat update terbaru pencairan bantuan dari para pendamping sosial yang bisa mengakses akun SIKS-NG, saat ini sudah ada perubahan status menjadi ‘Sudah SPM’.

Artinya KPM masih harus menunggu beberapa hari ke depan sebelum diterbitkan SP2D dan nama-nama penerima bantuan PKH dan BPNT keluar, Sehingga proses top up/transferring bisa digulirkan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: