Honda

10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada 10 jurusan kuliah khusus buat mahasiswa cerdas dan hanya 1 di kampus terbaik Indonesia versi QS WUR 2024, lho!

Meskipun jumlahnya hanya terbatas, jurusan-jurusan kuliah ini ternyata memang memiliki prospek karir yang sangat cemerlang di masa depan.

Namun, di balik itu, ada proses pembelajaran tak kalah sulit dan harus dilakukan dengan penuh ketelitian.

Maka dari itu, walaupun jumlah tersedianya di kampus Indonesia hanya sedikit, beberapa jurusan ini juga memiliki peluang masuk yang cukup ketat.

BACA JUGA:4 Kampus Swasta Miliki Biaya Termurah di Indonesia, 1 Semester hanya Rp900 Ribu Aja, Ada PTS QS WUR 2024?

Tak heran, jika banyak para pelajar yang tertarik untuk masuk ke dalamnya harus memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang tertentu.

Nah, untuk tahu jurusan apa saja yang jumlahnya masih langka di Indonesia itu, berikut daftarnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB masih menjadi satu-satunya kampus di Indonesia dengan jurusan Astronomi yang membuka tiga jenjang pendidikan, yakni S1, S2, dan S3.

BACA JUGA:10 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia, Kampus Swasta Ada Gak?

Jurusan Astronomi  ITB telah mendapatkan akreditasi unggul oleh BAN-PT, bahkan sudah terakreditasi internasional dari ASIIN.

Dalam jurusan ini, mahasiswa Astronomi tentu akan belajar mengenai semua hal yang berkaitan dengan benda-benda langit maupun tata surya seperti planet, bintang, dan lain-lain.

Peluang karir jurusan ini sangat beragam, lho! Lulusannya dapat menjadi peneliti di lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, ataupun menjadi pengajar di perguruan tinggi.

2. Sastra Belanda, Universitas Indonesia (UI)

BACA JUGA:5 Jurusan di Kampus QS WUR 2024 dengan Prospek Kerja Industri Kreatif Menjanjikan, Tertarik Gak?

Ada banyak kampus yang menyediakan jurusan sastra dan bahasa, tetapu hanya ada satu kampus dengan jurusan Sastra Belanda di Indonesia yaitu Universitas Indonesia.

Tentunya, para mahasiswa yang mengambil program studi Sastra Belanda akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Belanda seperti bahasa, sastra, dan kebudayaannya.

3. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

Ilmu nuklir di Indonesia digunakan sebagai sumber energi. Bagi yang tertarik mempelajarinya, bisa memilih program studi Teknik Nuklir yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

BACA JUGA:12 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Sastra Arab Terbaik di Indonesia, Ada UIN dan Kampus TOP QS WUR 2024

Para mahasiswa yang mengambil program studi Teknik Nuklir diharapkan mampu menguasai konsep fisika nuklir serta pengoperasian reaktor nuklir.

Materi kuliah juga mencakup topik tentang radiasi dan keselamatan nuklir, serta manajemen pengelolaan bahan nuklir.

Maka dari itu itu, buat kamu yang berminat untuk mengambil program studi ini perlu memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.

Karena akan diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang dan menjalankan reaktor nuklir dengan keamanan yang terjamin.

BACA JUGA:Miliki Prospek Kerja Tinggi! Berikut 9 Jurusan Kuliah Bidang Digital di Kampus TOP QS WUR 2024!

4. Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB University

Meskipun terlihat sepele dan namanya masih asing, Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumsi di Institut Pertanian Bogor membahas pemberdayaan keluarga, perlindungan anak, dan pemberdayaan konsumen.

Setelah lulus, mahasiswa jurusan ini diharapkan bisa bekerja sebagai konsultan dalam hal melindungi konsumen dan keluarga, perkembangan anak, dan perlindungan perempuan.

Mereka juga bisa menjadi guru atau staf manajemen di sekolah-sekolah, ahli riset pemasaran konsumen, atau bergabung dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

BACA JUGA:8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Salah sath institut di Sumatera ini ternyata juga memiliki jurusan yang langka, lho!

ITERA menyediakan Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan yang menawarkan pengetahuan dan keterampilan terkait atmosfer dan perairan laut.

Bahkan, jurusan ini mengajarkan tentang atmosfer bumi dan planet lain, melibatkan seluruh sistem atmosfer dan bagaimana hal itu berhubungan dengan lingkungan.

BACA JUGA:5 Jurusan Teknik Pertambangan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Sehingga nantinya mahasiswa akan mendalami materi mengenai cuaca, iklim, dan polusi udara di atmosfer, serta mengkaji kualitas air dan karakteristik geografis di perairan laut.

6. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR menawarkan Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang fokus pada pengetahuan yang berhubungan dengan robot dan kecerdasan buatan.

Jurusan ini memiliki prospek yang cerah dalam beberapa tahun ke depan dan sudah menarik minat banyak perusahaan akhir-akhir ini.

BACA JUGA:5 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia, Kampus TOP QS WUR 2024 Jawaranya

Dalam program studi ini, mahasiswa tentu akan mendalami berbagai disiplin ilmu seperti mekanika, elektronika, dan ilmu komputer agar dapat mengembangkan teknologi di bidang robotika dan kecerdasan buatan.

7. Teknik Transportasi Laut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Dikenal sebagai negara maritim, pengelolaan dan pemanfaatan laut Indonesia yang sangat luas  penting untuk dipelajari.

Di Teknik Transportasi Laut ITS akan mempelajari tiga fokus utama yaitu pelayaran, pelabuhan dan logistik di dunia maritim.

BACA JUGA:Daftar Gaji Fresh Graduate di TOP 3 Kampus Terbaik versi QS WUR 2024, Ada yang Nominalnya 2 Digit Loh

8. Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga (UNAIR)

Jurusan Rekayasa Nanoteknologi di Universitas Airlangga memungkinkan mahasiswanya mempelajari tentang materi berukuran nano atau sangat kecil yang akan dimanipulasi hingga menciptakan benda baru dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan.

Dalam perkuliahannya, jurusan ini melibatkan dua disiplin ilmu, yaitu fisika dan kimia yang berkaitan dengan perangkat dan sistem pengiriman obat-obatan, pengembangan energi terbarukan, bahan baru, dan sensor dalam nanoskala.

9. Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

BACA JUGA:10 Kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia, Didominasi Kampus TOP QS WUR 2024!

UPI memiliki Jurusan Manajemen Industri Katering yang memberikan kesempatan untuk berkarir di dunia kuliner pariwisata.

Dalam perkuliahan, mahasiswa akan mendalami berbagai pengetahuan seperti manajemen operasional, industri makanan, keamanan pangan, dan manajemen stok.

10. Teknologi Batik, Universitas Pekalongan (Unikal)

Pasti akan terdengar asing di telinga kamu, tetapi nyatanya jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Batik dan hanya tersedia di Universitas Pekalongan (Unikal).

BACA JUGA:25 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi EduRank, Kampus TOP QS WUR 2024 Tetap Jawaranya

Sejak UNESCO secara resmi mengakui batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia pada tahun 2009, popularitas dan pengakuan terhadap batik semakin meningkat.

Hal itulah yang menambah titik revolusi batik sehingga terciptalah jurusan Teknologi Batik di Unikal yang di dalamnya mempelajari tentang sejarah dan filsafat batik serta teknik pembatikan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: