Honda

10 Jurusan Soshum Favorit di Universitas Padjadjaran Pada SNBT 2023, Apa Saja Keunggulannya?

10 Jurusan Soshum Favorit di Universitas Padjadjaran Pada SNBT 2023, Apa Saja Keunggulannya?

10 Jurusan Soshum Favorit di Universitas Padjadjaran Pada SNBT 2023, Apa Saja Keunggulannya?--Sumber: Unpaders

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ada 10 jurusan soshum yang menjadi favorit di Universitas Padjadjaran karena jumlah peminatnya yang banyak pada SNBT 2023.

Universitas Padjajaran (UNPAD) menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang memiliki peringkat yang cukup tinggi di QS WUR 2024, yaitu peringkat ke-661 di dunia.

Tak hanya memiliki keunggulan itu saja, UNPAD diketahui menyediakan jurusan atau program studi yang juga banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Apalagi ketika adanya seleksi tes nasional SNBT 2023, beberapa jurusan di UNPAD dinobatkan menjadi jurusan favorit pada 2023, khususnya pada rumpun sosial dan humaniora (soshum).

BACA JUGA:5 Kampus Idaman Perusahaan, Begitu Lulus Langsung Kerja, Deretan PTN QS WUR 2024

Dengan daftar itu juga dapat menjadi acuan bagi calon peserta SNBT tahun berikutnya agar dapat mempertimbangkan tujuan jurusan yang mereka pilih di UNPAD.

Nah, untuk itu, berikut beberapa jurusan favorit di bidang soshum dengan peminat terbanyak di Universitas Padjadjaran pada SNBT 2023 yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Ilmu Hukum, dengan jumlah 3.406 peminat

Jurusan Ilmu Hukum UNPAD merupakan jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Hukum dengan jenjang S1 Ilmu Hukum, S2 Hukum, S2 Kenotariatan, dan S3 Ilmu Hukum.

BACA JUGA:10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

Jurusan ini di UNPAD memiliki  sarana dan prasarana yang sangat mendukung proses perkuliahan dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang telah diaktualisasikan dalam pengembangan di bidang hukum internasional.

Bahkan, hukum lingkungannya sekarang menjadi rujukan pembelajaran hukum di seluruh Fakultas Hukum yang ada di Indonesia.

2. Ilmu Komunikasi, dengan jumlah 2.533 peminat

Selanjutnya ada jurusan Ilmu Komunikasi yang menjadi jurusan favorit di UNPAD.

BACA JUGA:4 Kampus Swasta Miliki Biaya Termurah di Indonesia, 1 Semester hanya Rp900 Ribu Aja, Ada PTS QS WUR 2024?

Tak heran jika jurusan ini memiliki jumlah peminat yang melonjak karena telah difasilitasi oleh beberapa aspek pendukung.

Seperti Laboratorium grafika yang digunakan sebagai tempat desain grafis dan produksi pencetakan.

Selain itu, ada pula Laboratorium Humas sebagai penunjang kegiatan praktik.

3. Manajemen, dengan jumlah 2.233 peminat

BACA JUGA:10 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia, Kampus Swasta Ada Gak?

Berikutnya ada jurusan Manajemen dengan jumlah peminat yang banyak karena perkuliahannya yang sangat mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran manajemen.

Selain adanya dukungan akademik di perkuliahan, Jurusan Manajemen juga berupaya mengembangkan soft skill mahasiswa dengan dibuatnya The Champion Program dalam mendidik dan meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa.

Selain itu, dalam perkuliahannya juga terdapat mata kuliah Prestasi dan Magang sebagai salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa agar dapat mengembangkan kemampuan mereka.

4. Bisnis Digital, dengan jumlah 1.756 peminat

BACA JUGA:5 Jurusan di Kampus QS WUR 2024 dengan Prospek Kerja Industri Kreatif Menjanjikan, Tertarik Gak?

Jurusan Bisnis Digital UNPAD merupakan jurusan pertama di Indonesia, bahkan telah memiliki leminat yang melonjak di SNBT 2023.

Namun, yang perlu diketahui, jurusan jni tidak sepenuhnya mendalami teori bisnis dan digital, melainkan harus lebih banyak menyelesaikan studi kasus di luar.

Makanya, metode pembelajaran dan pengajaran tidak mencakup hanya kuliah, tetapi juga pembelajaran berbasis masalah, studi kasus, pembelajaran campuran, tugas, proyek, beberapa ujian, dan magang.

5. Ilmu Hubungan Internasional, dengan jumlah 1.610 peminat

BACA JUGA:12 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Sastra Arab Terbaik di Indonesia, Ada UIN dan Kampus TOP QS WUR 2024

Ilmu Hubungan Internasional UNPAD juga menjadi jurusan dengan peminat terbanyak di SNBT 2023.

Jurusan HI di UNPAD meliputi berbagai pembelajaran di bidang seperti ekonomi, hukum, sosial-budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Jurusan HI UNPAD juga telah memiliki tiga konsentrasi utama, yaitu Teori dan Metodologi Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Global, serta Hukum dan Organisasi Internasional.

6. Akuntansi, dengan jumlah 1.569 peminat

BACA JUGA:Miliki Prospek Kerja Tinggi! Berikut 9 Jurusan Kuliah Bidang Digital di Kampus TOP QS WUR 2024!

Tak heran jika jurusan Akuntasni UNPAD memiliki banyak peminat, karena jurusan ini telah menoreh berbagai prestasi dari mahasiswanya, baik prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Kurikulum pendidikan S1 Akuntansi pun sudah dirancang sesuai dengan kurikulum internasional.

Yaitu International Education Standard agar dapat membentuk kepribadian akuntan yang diharapkan mampu dalam hardskill, softskill, serta memiliki sikap dan perilaku etis yang tinggi.

7. Manajemen Komunikasi, dengan jumlah 1.148 peminat

BACA JUGA:8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

Selain jurusan Ilmu Komunikasi, UNPAD juga memiliki jurusan Manajemen Komunikasi dengan jumlah peminat yang cukup tinggi.

Manajemen Komunikasi juga telah menerapkan kurikulum dengan mata pelajaran yang kuat dalam aspek teoritis maupun praktis, serta akan dievaluasi setiap 4 tahun agar dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi, dunia akademis, serta kebutuhan di masyarakat.

Jurusan Manajemen Komunikasi UNPAD juga didukung oleh beberapa laboratorium berupa Laboratorium Fotografi.

Kemudian Laboratorium Komputer, Laboratorium Grafika, Laboratorium Televisi, Laboratorium Perpustakaan, Laboratorium TV Komunitas, Laboratorium Humas, dan Laboratorium Radio.

BACA JUGA:5 Jurusan Teknik Pertambangan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

8. Hubungan Masyarakat, dengan jumlah 1.037 peminat

Kemudian, ada jurusan Hubungan Masyarakat yang memiliki jumlah peminat yang tinggi di UNPAD pada SNBT 2023.

Jurusan ini merupakan jurusan dengan banyak presgasi yang ditorehkan oleh mahasiswanya.

Bahkan di tahun-tahun awal berdirinya, jurusan Hubungan Masyarakat UNPAD telah meraih prestasi yakni menjadi juara kedua dalam Lomba ‘Riset Institusional Komunikasi Dosen Wali dan Persepsi Mahasiswa Fikom Unpad’.

BACA JUGA:5 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia, Kampus TOP QS WUR 2024 Jawaranya

9. Ilmu Administrasi Bisnis, dengan jumlah 994 peminat

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis pun juga diminati oleh banyak peserta UTBK-SNBT 2023 yang daoat dilihat dari jumlahnya yang tinggi.

Sebagai kampus yang ingin menghasilkan lulusmn yang berkualitas, UNPAD memberikan pembelajaran dalam rangka membentuk kompetensi bisnis melalui mata kuliah dalam bidang Administrasi Bisnis yang meliputi  fungsi-fungsi bisnis.

Bahkan, jurusan ini juga selalu berupaya memperkuat keunggulannya dengan mengadakan pembelajaran beberapa praktikum administrasi bisnis.

BACA JUGA:Daftar Gaji Fresh Graduate di TOP 3 Kampus Terbaik versi QS WUR 2024, Ada yang Nominalnya 2 Digit Loh

10. Sastra Inggris, dengan jumlah 990 peminat

Jurusan terakhir dengan peminat tertinggi di UNPAD pada SNBT 2023 adalah Jurusan Sastra Inggris.

Berbeda dengan kampus lain, Jurusan Sastra Inggris di UNPAD memiliki kurikulum yang berfokus pada tiga jenis mata kuliah, yaitu kemahiran berbahasa Inggris, linguistik, dan kesusastraan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: